Mesin cuci 2 tabung pengering tidak berputar dan air keluar terus panasonic NA-W70B1BW

Bagaiman cara memperbaiki mesin cuci 2 tabung air keluar terus dan pengering tidak berputar? kalau anda mempunya mesin cuci seperti ini merek panasonic model NA-W70B1BW, sabaiknya anda ingat ingat postingan saya ini.karna suatu saat yang namanya peralatan elektronik pasti ada usianya terutama pada saluran pembuangan yang tiap hari dilewati air kotor saat mencuci.

Mesin cuci jenis 2 tabung seperti ini sekarang bukan lagi barang mewah dan sudah banyak di miliki oleh kalangan orang rumah tangga, karna harganya yang relatif murah dan daya listriknya lebih kecil kalau di banding yang 1 tabung baik top loading atau front loading.

Apa penyabab air keluar terus pada mesin 2 tabung ini? 

1. seal pembungan kotor, seiring dengan lamanya pemakaian,  kotoran akan menempel pada  sel pembunagn tersebut sehingga menyebabkan posisi seal pembungan tersebut terganjal (seal pembuangan tidak menutup dengan rapat) yang menyebabkan rongga/lubang sehingga air akan keluar terus meskipun posisi knop tidak pada drain(buang).

  solusi : bersihkan seal pembuangan dan pasang lagi

2. seal pembuangan terganjal sebuah benda seperti cemiti,jarum,kancing baju, atau bahkan uang logam. kasus seperti ini biasa terjadi pada jenis mesin cuci  yang pulsatornya ada rongga memang desain dari pabriknya untuk sebagian merek tertentu.

  solusi : bersihkan seal pembuangan dan ambil benda yang mengganjalnya kemudian pasang lagi

3. seal pembuangan sudah kaku / tidak elestsi,  kalau di lihat tampak fisik memang tidak apa apa tapi setelah di bersihkan dan di pasang lagi air masih keluar terus.

  solusi : ganti dengan yang baru

4. per pembuangan berkarat dan patah sehingga tidak mempunyai daya dorong terhadap seal pembuangan.

  solusi : ganti dengan yang baru

4. seal pembuangan sobek, biasanya kasus seperti ini terjadi pada mesin cuci yang sudah tua dan tidak pernah di bersihkan saluran pembuanganya.

  solusi : ganti dengan yang baru

Apabila anda membeli seal pembungan ke toko spare part sebaiknya anda membawa contohnya meskipun barangnya sudah rusak, karna macam dan jenisnya sangat banyak. Sekilas tampak fisik seperti sama tapi saat di pasang tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan jangan membeli berdasar merek dan model mesin karna toko tidak mengetahuinya, kecuali anda beli pada dealer resminya.

baca juga artikel ; cara membersihkan saluran pembuangan mesin cuci sanyo SW-800X2T

Apa penyebab pengering tidak bisa berputar pada mesin 2 tabung ini?

1. Kabel putus kasus seperti ini biasa terjadi karna kabel dimakan tikus. coba anda cek pada bagian penutup belakang, biasanya paling sering terjadi putus pada bagian kabel yang naik ke panel timer atau pas pada bagian dalam panelnya timmer.

solusi :
a, sambung kabel yang putus dan sesuaikan dengan warnanya    
b. lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam atau bawah mesin cuci untuk mengurangi tikus datang
c. pasang pengaman anti tikus, dengan cara memesang kawat RAM kawat LOKET pada bagian bawah mesin

2. Tali rem pengering putus, kasus seperti ini biasa terjadi juga karna tali rem di makan tikus,
posisi putusnya biasanya dibawah timer pengering. Rem pengering berfungsi  untuk menghentikan putaran dinamo pengering secara konstan saat pintu pengering dibuka, apabila talinya putus maka dinamo akan mengerem terus (seret) walaupun pintu pengering tertutup sehingga dinamo pengering tidak kuat berputar.

solusi :                                                                                                                                                  
a.  tarik kawat seling rem dengan tali atau kawat sehingga terbuka, trus coba putar dengan  tangan tabung pengering kalau sudah tidak seret berarti  sudah beres.
b. lakukan perawatan rutin dengan cara memberi kamper / kapur barus pada bagian dalam  atau bawah mesin untuk mengurangi tikus datang
c. pasang pengaman anti tikus, dengan cara memesang kawat RAM kawat LOKET pada   bagian bawah mesin

3. door switch rusak ( tidak sambung ) posisinya ada di dekat timmer pengering, tapi kerusakan seperti ini sangat jarang terjadi kecuali pada mesin cuci yang saluran masuk airnya ada 2 yaitu samping kanan dan kiri, posisi kanan dekat dengan door switch pengering yang menybabkan peralatan menjadi lembab dan akan mudah ngefong ( tidak sambung ).

  solusi ; bongkar dan bersihkan dengan kertas gosok

3. kapasitor rusak, cirinya  adalah ketika timmer di putar ada suara dengung yang artinya ada arus masuk ke dinamo tapi dinamo tidak bisa berputar sehingga menimbulkan suara dengung. anda bisa mengetahuinya setelah anda melakukan 3 langkah di atas . kapasitor untuk jenis mesin cuci panasonic ini bentuknya kotak berwana hitam tidak seperti kapasitor mesin cuci pada umumnya yang bentuknya bulat seperti tabung.  kabelnya ada 4 yang 2 untuk pengering  dan yang 2 lagi untuk pencuci.

solusi : ganti dengan yang baru dan sesuaikan dengan ukuran aslinya

4. timmer pengering rusak, cirinya adalah ketika di putar tidak berbunyi dan tidak ada dengungan suara pada dinamo. kerusakan pada timmer pengering ini karna per di dalamnya sedah lembek sehingga sudah tidak mempunya tenaga pegas, atau bisa juga karna kemasukan semut di dalamnya
kabel timmer pengering ada 2 untuk penyambunganya terbalik tidak masalah.

  solusi : ganti dengan yang baru

5. Dinamo pengering terbakar, setelah anda sudah melakukan tahapan semua di atas anda baru bisa memvonis kalau dinamo ini terbakar. kerusakan dinamo ini  sering di sebabkan karana terkena air yang bocor pada pada seal pengering yang berada tepat di atas dinamo pengering, atau bisa juga saluran air pada tabung pengering tersumbat seperti kaos kaki, sarung tangan dll sehingga air tidak langsung keluar pada saat proses spin sehingga seal pengering akan bocor.

solusi :
a. bongkar dan bawa ke tukang gulung dinamo yang profesional.
b. ganti dengan baru, tapi perlu juga anda ketahui kalau bahwa dinamo yang di jual  rata rata gulungan dari kawat almini bukan dari kawat tembaga, anda harus jeli dalam membeli.

Dan untuk lebih jelasnya bisa anda lihat  tutorial video di bawah

Demikian artikel saya tentang :
Mesin cuci 2 tabung air keluar terus dan pengering tidak berputar panasonic NA-W70B1BW
semoga bermanfaat.



8 Responses to "Mesin cuci 2 tabung pengering tidak berputar dan air keluar terus panasonic NA-W70B1BW"

  1. om, mantaf artikel nya, saya mau tanya untuk tabung pengering yang tidak bisa memutar cepat sebab kerusakannya apa ya? dia berputar tapi pelan dan terdengar suara gledok, gledok,,bantingan pengering dan dinding mesin cuci om, boleh bantu om..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berputar pelan tapi tanpa suara glodak glodak biasa dari kapasitornya sudah turun nilainya, umpama 6 mf aslinya kalau di ukur dengan test kapasitor maka nilainya tinggal 4 mf.
      kalau berputar palan trus ada suara glodak2 banyak penyababnya
      1. as tabung pengering seret, biasanya seret pada seal pengeringnya
      2. pully/tiang as pengering tidak center, penyabanya kadang dari baut yang kendor tapi tidak ketahuan dan dipakai terus akhirnya aus.
      3. salah satu kaki per pengering karatan atau patah, sehingga elestis per beda dengan yg laianya.
      4. penataan baju yang kurang rata di dalam drum pengering.

      Delete
  2. bang, boleh kah bertanya, pengering saya rusak tak berputar, saya coba ganti kapasitornya, dengan yang 12microfarrad bisa berputar tapi pelan sekali, apa bener itu motornya yang rusak?
    trima kasih atas jawabnnya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau drum pengering tidak seret berputar (enteng putaranya saat pintu tertutup) maka kemunginan terbesar adalah motornya yang rusak. coba di amati juga apakah ada bekas air di dearah situ. karna rata2 motor rusak di sebabkan karna ada kebocoran air pada seal pengering atau gear box.

      Delete
  3. Mau tanya kalau tali putih pada bagian dalam seal pembuangan itu apakah ada yang jual? Apa namanya?

    ReplyDelete
  4. Mantap infonya gan..terselesaikan mslhnya.trim's

    ReplyDelete
  5. Pengering berputar pelan trus di tabung pengering banyak air, airnya gk turun, ketika surut lama, pengering mau, gmn tu gan

    ReplyDelete