CARA SERVICE MESIN CUCI FRONT LOADING, AIR MASUK TAPI TIDAK BERPUTAR


Apakah anda pernah mengalami kendala tersebut?  mesin cuci yang tipe FRONT LOADING (bukaan depan)  ini memang agak ribet prinsip kerjanya jika dibandingkan dengan tipe TOP LOADING (bukaan atas) atau TWIN TUBE (2 tabung). Semua proses berjalan otomatis yang di control melalui otaknya yang di sebut MODUL.
Bagaimana cara kerja mesin cuci type front loading ini?
1.    Setelah anda memasukan baju ke drum pastikan anda menutup pintu dengan rapat, karena mesin ini dilengkapi pengaman pintu otomatis (DOOR SWITCH) yang berfungsi sebagai pengaman saat proses mencuci sehingga pintu tidak bisa dibuka dan dapat berfungsi juga  sebagai sinyal ke modul jika proses mencuci dimulai.
Apabila door switch rusak atau pintu kurang rapat proses mencuci tidak akan mulai.
2.    Setelah pintu tertutup dengan rapat, dan tombol START di tekan, solenoid valve akan membuka dan air akan masuk ke dalam mesin cuci hingga sensor air  membaca debit air tercukupi kemudian memerintahkan solenoid valve menutup air.
3.    Motor (dynamo) kemudian berputar menggerakkan drum melalui van belt sehingga baju akan di banting banting karna putaran yang bolak balik (proses wash)
4.    Setelah waktu proses wash  tercukupi air akan di kuras oleh DRAIN PUMP ( pompa pembuangan ) sampai habis.
5.    Proses ini akan berulang sampai  3 KALI (air masuk, drum berputar, air keluar) hingga proses air keluar yang terakhir motor akan berputar dengan kecepatan tinggi untuk mengeringkan baju  (PROSES SPIN). Setelah selesai proses pengeringan, mesin akan memberikan tanda dengan bunyi alarm yang menandakan jika proses mencuci telah selesai.

ADA 4 PENYEBAB MESIN INI TIDAK BERPUTAR PADAHAL AIR SUDAH MASUK.
1.    Pastikan selang pembuangan yang keluar dari belakang mesin HARUS NAIK dulu dari lubang di body mesin kemudian baru turun. Karena proses pembuangan mesin ini memakai pompa, jadi apabila selang pembuangan turun maka air akan langsung keluar  sehingga debit air tidak akan tercukupi di dalam drum dan  otomatis sensor air akan membaca air kosong maka dynamo tidak akan menerima perintah dari sensor air untuk berputar.
2.    van belt lepas atau putus. Untuk mengetahuinya  anda bisa membuka penutup pada  bagian belakang mesin, untuk sebagian merk harus membuka bagian atas atau bagian tengah, anda juga bisa tahu dengan cara memutar drum dengan tangan akan ada suara “kreeeeek” (suara carbon dynamo) pada saat diputar, itu artinya van belt tidak bermasalah.
3.    sensor air atau pressure switch atau water level sudah tidak berfungsi ( tidak bisa membaca debit air ).  Kerusakan semacam ini sangat jarang terjadi pada jenis mesin front loading, lain hanya pada mesin top loading yang letak sensor berdekatan dengan saluran air masuk sehingga menyebabkan lembab dan akhirnya soketan kabel merepuh dan rusak.
4.    motor (dynamo) rusak, RUSAK BUKAN BERARTI TERBAKAR  dan terus di gulung ulang kumparannya. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah  carbon brust/sikat arang/brostel HABIS.
Untuk mengganti carbon tidaklah terlalu sulit juga tidak mudah, tergantung sampai dimana keberanian anda mencoba.

USIA RATA RATA carbon habis adalah di atas 4 tahun untuk pemakaian rumah tangga
dan 2 - 3 tahun untuk pemakaian laundry. Semoga bermanfaat



Berikut adalah video tutorial cara penggantian carbon brush pada mesin cuci samsung




196 Responses to "CARA SERVICE MESIN CUCI FRONT LOADING, AIR MASUK TAPI TIDAK BERPUTAR"

  1. Pak boleh minta tutorial penggantian arangnya

    ReplyDelete
  2. maaf karna blm sempat di video, nanti kalau sudah ada pasti saya upload. mudah kok proses penggantianya

    ReplyDelete
  3. Pak,top loading baru ganti motor drain koq langsung narik tuas begitu tombol power mesin cuci di on jd air langsung keluar, ga bisa nampung air. Itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
  4. Pak,top loading baru ganti motor drain koq langsung narik tuas begitu tombol power mesin cuci di on jd air langsung keluar, ga bisa nampung air. Itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan dari modulnya yang rusak pak. mengapa?

      1.kalau motor drain diganti karna rusak pada kumparanya (artinya konslet) maka jalur PCB di modul sama saja dengan hubungan pendek, ini menyababkan transisitor penggerak motor drain rusak.
      (rusak artinya sambung terus). beda dengan motor dinamo yang digerakan dengan rellay (ampere kontaknya lebih tinggi).

      2. Kalau motor drain di ganti karna rusak mekaniknya (masih bisa putar tapi tidak menarik) kecil kemungkinan modulnya yang rusak.

      3. atau modul mesin cuci anda pernah terkena air secara tidak sengaja.
      biasanya terjadi saat pengisisan air secara manual karna instalasi tidak memakai pompa air atau inlet air yang kotor yang menyebabakan pengisian air yang terlalu lama, sehingga cenderung orang melakukan pengisian air secara manual.

      demikian semoga bermanfaat

      Delete
  5. Mesin cuci saya sharp front loading, pada saat start kadang muncul kode E01 trus ngg lama kemudian bisa nyuci lagi pada saat proses mencuci kadang muncul kode E01 lagi kira2 kasus yg begitu kena apanya ya pak ? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kode E01 artinya supplay air ke mesin cuci terhambat/tidak lancar/tidak masuk
      penyababnya :

      1. filter saluran masuk air kotor, yang menyebabkan air masuk ke mesin cuci tidak lanacar. modul akan memprotec dengan mengeluarkan kode E 01 apabila dalam sekian menit sensor air tidak membaca debit air tercapai. protec ini berfungsi mencegah kerusakan pada solenoid valve air agar tidak terbakar karena jalan terus.
      cek pada bagian belakang mesin cuci pas pada selang air yang masuk ke mesin cuci. putar kekiri (berlawanan jarum jam) anda akan melihat filter saluran airnya kemudian bersihkan.

      2.tekanan air kurang, kalau instalasi air anda memakai PDAM atau tandon alangkah baiknya saat mencuci matikan semua kran air di rumah dan cari waktu yang tepat saat mencuci( saat jam tidak sibuk orang mandi).

      3. solenaid valve inlet mesin cuci rusak, tapi kalau penyakitnya kadang kayaknya sih gak rusak.

      Delete
  6. Terima kasih infonya pak btw tuh mesin cuci walau spin dry tetap ngg mau padahal kan ngg butuh air ? Kodenya tetap E01 maaf kalo banyak nanya soalnya sebelum muncul kode E01 itu lampu door lock kedip2 tq b4 atas pencerahannya

    ReplyDelete
  7. Update info baru,. mesin cucinya sudah dites manual pak diisi air secara manual tepi tetep muncul E01

    ReplyDelete
  8. coba bapak cek step by step ya.....
    1. power dinyalakan pilih menu cuci yang cepat aja.
    Saat tombol start di pencet selang waktu 3 detik an akan terdengar suara "TEK" pada bagian pintu (suaranya sangat halus sekali) ini menandakan door switch bekerja dan indikator di modul akan menyala dan pintu tidak bisa dibuka.
    NB: kalau door switchnya rusak semua proses tidak akan bisa wash/spin/rinse.
    2. anggap saja door switch nya gak rusak, langkah berikutnya :
    setelah itu air akan masuk sampai debit tercapai dan drum akan berputar. selang waktu 3 detik an pas saat air yang masuk ke mesin cuci berhenti. dengarkan dengan seksama pada bagian modul akan terdengar juga suara "TIK" (SANGAT HALUS SUARANYA)
    ini suara komponen rilley yang kontak yang memerintahkan dinamo berputar.
    NB: apabila tidak ada suaranya artinya modul mesin cuci anda rusak, ada komponen di dalam modul mesin cuci yang bernama triac yang berfungsi menyuplai power ke dinamo itu rusak. tapi kalau ada suaranya berarti carbon brush dinamo mesin cuci anda habis/berkurang. biasanya kalau dikasih beban berat tidak berputar tapi kalau tidak ada beban bisa berputar ATAU kadang berputar kadang tidak ATAU tidak berputar sama sekali.
    untuk mengetahui pasti tidaknya carbon habis bisa bapak lihat dengan cara menidurkan mesin cuci KE KIRI kemudian buka bagian bawahnya dan untuk membuka carbon kunci yang dipakai adalah kunci L BINTANG (beda dengan merek samsung atau elektrolux).
    apabila carbonya habis bisa bapak ganti sendiri seperti video tutorial.
    oya..... kalau mesin cuci bapak usianya di atas 2 tahun ada kemungkinan carbonya sudah habis, kira2 seperti itu jawaban saya..... selamat mencoba

    ReplyDelete
  9. mhn pencerahanya pak mesin cuci sy merk samsung front load, semua gak ada mslh , cm pd saat proses pengeringan suaranya keras sekali, kira2 bgmn cr menanganinya pak, sebelum dan sesudahnya sy ucapkan trimaksih, nuwun

    ReplyDelete
  10. mhn pencerahanya pak mesin cuci sy merk samsung front load, semua gak ada mslh , cm pd saat proses pengeringan suaranya keras sekali, kira2 bgmn cr menanganinya pak, sebelum dan sesudahnya sy ucapkan trimaksih, nuwun

    ReplyDelete
  11. mhn pencerahanya pak mesin cuci sy merk samsung front load, semua gak ada mslh , cm pd saat proses pengeringan suaranya keras sekali, kira2 bgmn cr menanganinya pak, sebelum dan sesudahnya sy ucapkan trimaksih, nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara keras pada saat proses spin bisa disebabkan 2 hal
      1. drain pump rusak pada saat proses spin air di pompa keluar pas air di dalam drum masih ada suara blm begitu keras tapi pas air di dalam drum habis suaranya akan semakin keras.
      2. bearing drum aus, semakin tinggi putaran drum akan semakin keras pula suaranya. bearing drum rusak biasanya karna faktor usia atau karena pemakaian yang salah ( pemakaian yang tidak sesuai kapasitas ).
      kalau basic bapak orang teknik mungkin bisa saya pandu tutorialnya, tapi kalau bapak bukan orang teknik sebaiknya jangan di kerjakan sendiri sebaiknya panggil orang yang kompeten di bidangnya. karna untuk mengganti bearing mesin cuci front loading membutuhkan keahlian khusus dan peralatan yang memadai dan tidak semua tukang service mesin cuci bisa melakukanya.

      Delete
  12. Mohon infonya Pak, mesin cuci saya front loading LG. untuk mencuci tiba2 saja mendadak mati setelah mesin menyala kurang lebih 10 menit. pengisian air normal, perputaran tabung juga normal. trims.

    ReplyDelete
  13. Mohon infonya Pak, mesin cuci saya front loading LG. untuk mencuci tiba2 saja mendadak mati setelah mesin menyala kurang lebih 10 menit. pengisian air normal, perputaran tabung juga normal. trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud bapak MATI bagaimana?
      a. semua indikator lampu mati atau
      b. mesin cuci tidak bisa meneruskan proses akhirnya keluar kode error atau lampu berkedip semua?

      Kalau lampu mati semua langsung, saya gak pernah menjumpai keluhan seperti itu. tapi kalau tidak bisa meneruskan proses mungkin perlu bapak cek pada bagian solenoid valve yang ke 2, karna bisa terjadi solenoid valve yang ke 2 mati (kumparan putus) sehngga air tidak bisa masuk.

      Delete
  14. Pak mohon bantuannya,,mesin cuci saya front loading LG ,,pas tengah2 spin hidup lampu error gtu,,itu kenapa ya.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya drain pump nya rusak, coba perhatikan aja saat error apakah air bisa terbuang semua atau tidak. kalao masih ada air positif drain pump nya yg rusak.

      Delete
  15. Mesin cuci saya sharp front loading, saat start ga bisa narik air. Apa yang rusak? Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. instalasi airnya pakai pompa atau pdam? kalau mesin otomatis layaknya tekanan air harus besar yaitu pakai pompa air.
      1. coba bersihkan saluran masuk air mesin cuci pada bagian belakang mesin cuci bisa jadi kotor sehingga air tidak bisa masuk.
      2. solenoid valve air rusak, solenoid valve adalah kran yang di gerakan listrik, kalau rusak biasanya tidak ada dengung sama sekali. untuk mengetahui pasti rusaknya bisa di cek dengan alat ukur atau langsung soketanya di kasih strum 220 volt.

      Delete
  16. Pak, mau tny mesin cuci saya waktu spin cuma dengung (dinamo nyala) tp tidak mau spin. Yg lain semua Ok, hanya tidak bisa spin. Kira2 apa yg rusak, thx info ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mesin cuci bapak 2 tabung penyababnya adalah
      1. tali rem putus ini sering terjadi karna dimakan tikus, cek pada bagian blkg mesin dengan membukanya, akan terlihat tali berwarna putih yang putus.
      2. kapasitor rusak, rusak pada kapasitor kadang tampak fisik melembung tapi juga kadang tampak fisik masih bagus, untuk mengetahui pastinya harus di ukur dengan capasitor meter maka akan tau nilai uf nya. atau bisa langsung bapak ganti dengan kapasitor baru dengan ukuran yang sama aslinya.

      Delete
  17. Pak mau tanya mesin cuci saya electrolux ew 862 f,modul ada yang terbakar resistornya setelah saya ganti resistor proses wash motor tetap tidak bisa bergerak,apakah modul harus ganti baru pak? n harga modul ew862f kira2 sampoek berapa pak?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dilihat dulu pak resistor terbakar karena apa? artinya resistor terbakar terus apakah tidak ada imbas ke komponen lain, atau karna komponen lain rusak terus resisitor terbakar. soalnya kerusakan resisitor terbakar saya gak pernah ngalami kecuali terkena air. maslah harga saya kurang faham pastinya tapi saya pernah tanya ke dealer harganya 900rb.

      Delete
  18. Mesin cuci saya front loading merk zerowatt pemakaian sudah 3 taun
    Kmrn mesin cuci tiba2 mati(semua lampu indikator mati) setelah 10 menit menyala lagi..nanti tiba2 mati lagi
    Kira2 kerusakan dibagaian apa ya pak
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh... maaf mbak saya gak pernah nanganin merek seperti itu.

      Delete
  19. Pak..mesin cuci sharp front loading saya lg nyuci brisik di spin lebih gemuruh lagi..kira2 knp ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya dari bearingnya yang rusak, ciri cirinya semakin tinggi putaranya akan semakin berisik pula suaranya.

      Delete
  20. pa mesin cuci aku samsung diamond drum, waktu mencuci tdk tahu kalau mainan anakku yg ada di saku nya ikut kecuci, akhirnya waktu proses pengeringan belum sampai selesai udah eror gambar kotak sampah, dan setiap di gunakan untk mncuci belum selesai pengeringan udah eror keluar gmbar kotak sampah, bagaimana cara mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mainan apa ya pak? besar atau kecil? kalau lihat dari kasusnya kayaknya saluran pembuangan tersumbat sehingga air tidak keluar atau tidak lancar keluarnya. untuk memastikanya coba bapak lihat pada saat error apakah ada sisa air atau tidak, kalau masih ada sisa air di pastikan saluran pembungan tersumbat. mesin cuci nya jenis top loading ( bukaan atas ) atau front loading ( bukaan depan ) karna penangananya akan berbeda.

      Delete
    2. kalo sisa air kya'a gk ada krn gk nampak, mesin cucinya samsung diamond rum yg pintu atas,, atau kalo tersumbat saluran airnya cara membersihkan nya bagaimana pak,,? mhon info'nya.. thanks...

      Delete
    3. coba bapak perhatikan errornya waktu proses apa? wash/rinse/spin.
      kalau dari pengalaman yang pernah saya alami. untuk mesin cuci top loading biasanya error pada saat spin, artinya tabung drum terlalu bergetar sehingga menyentuh limit switch / sensor yang ada di bagian belakang drum. kalau ini terjadi maka proses akan berulang artinya air masuk lagi dan drum berputar kemudian air keluar dan spin lagi.
      apabila proses ini berulang kali maka otomatis modul akan memprotec menunjukan bahwa ada komponen yang tidak berfungsi sebagai mestinya.
      mengapa drum terlalu bergetar?
      1. air keluar kurang lancar, drum akan berputar apabila air sudah mau habis (bukan habis) karna airnya kurang lancar keluarnya maka drum gampang bergetar.
      1. As penyangga drum pegasnya tidak rata. bisa karna PER sudah tua atau sudah berkarat, untuk pengecekanya coba bapak tekan ke bawah drumnya pada 4 bagian pojok depan 2 belakang 2. kalau semua berimbang artinya masih normal, tapi kalau 1 ada yang lemas berarti bermasalah.
      3. posisi mesin cuci kurang rata juga bisa menjadi penyabab.
      untuk membersihkan saluran pembuangan agak susah sih, coba cara itu dulu, nanti saya kasih tutorialnya.

      Delete
  21. Bos untuk mesin Electrolux 1 tabung rata2 wattnya brp,untuk mengetahui kabel plus minusnya dinamonya gimana masalahnya byk kabelnya trms.

    ReplyDelete
  22. Bos untuk mesin Electrolux 1 tabung rata2 wattnya brp,untuk mengetahui kabel plus minus dinamonya gimana masalahnya byk kabelnya trms.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya 1 tabung bukaan atas atau bukaan depan bos? kalau bukaan atas juga tergantung kapasitasnya rata2 300-350 watt.
      kalau bukaan depan juga tergantung pemakaianya ( maksudnya heater di fungsikan atau tidak ) untuk mesin cuci front loading dilengkapi juga dengan pemanas (heater) yg berfungsi mencuci sekaligus membunuh kuman kuman penyakit. kalau heataer tidak nyala 300-350 watt tapi kalau heater nyala bisa sampai 1900 watt.

      Delete
  23. Pa Mesin Cuci LG Front Loading sy setelah dion powernya nga bisa jalan, malah keluar alam/ buzer dan displaynya count down 17 sampai end tus mati..kenapa ya ? trims

    ReplyDelete
  24. Pak..mesin cuci sy sharp front load...pada saat proses penyaluran air ke tabung tiba" berhenti dan indikatornya END..trus airnya keluar di pembuangan..sy coba langsung ke proses spin jg indikatornya langsung END...itu kerusakanya apa yah pak...tolong penjelasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dari modulnya yang rusak atau sensor airnya.
      rusak modul kadang tampak fisik seperti komponen terbakar atau tidak tampak fisik seperti programnya yang error.
      kerusakan sensor juga macam2 kadang tidak bisa membaca debit air dan kadang menyababkan proses langsung end.

      Delete
  25. jadi apa modulnya rusak dan harus diganti pa, apa ada pengecekan dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu pernah ngalamin kayak gitu, semua komponen sudah saya cek, door switch, drain pump, solenoid valve, sensor air bahkan saya coba tukar spare partnya dengan mesin cuci LG lain ternyata masih juga tidak bisa, tapi setelah saya tukar modulnya kok bisa.

      Delete
  26. pak, mesin cuci saya samsung front loading selalu muncul tanda dE. saya sudah cek tidak ada yg mengganjal di pintu. apakah ini berarti door switcnya rusak? bagaimana cara mengetesnya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dE (door error) artinya pintu bermasalah. kerusakan juga bermacam macam bisa dari mekaniknya yang rusak atau elektriknya yang rusak.
      mekanik : kadang pintu kurang rapat atau jalu besi di pintu aus sehingga tidak bisa nyantol ke door switch nya. tandanya saat start tunggu kira2 10 detik pintu harusnya tidak bisa di buka, tapi kalo rusak pintu akan tetap bisa di buka.
      elektrik : bisa karna door switch nya sendiri yang rusak platina di dalam door switch tidak bisa kontak sehingga modul membaca pintu masih terbuka dan proses mencuci tidak bisa berjalan.

      Delete
  27. maaf saya mau bertanya : apa yang terjadi jika pada mesin cuci air nya berhenti di pas waktu mencuci,
    Kronologi nya waktu mencuci saya tinggal bekerja,begitu saya pulang kerja kran air yang menuju mesin cuci tercopot..rusak ataw tidak ya mas..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira gak ada masalah, selama air tidak menyembur ke bagian elektrik mesin cuci. dan tiap mesin cuci fron loading dilengkapai pengaman apabila air tidak terpenuhi selama waktu yang di tetapkan pemgograman dari modul, maka modul akan memmberi kode error peringatan dan proses secara otomatis akan berhenti sendiri.

      Delete
  28. Selamat Pagi pak.......mesin cuci saya sharp front loading es fl860s,ketika saya program pencucian Dan saya tombol power yg nyala cuman drainase saja Dan g Mau lanjut ke program berikutnya,kira" apa kerusakanya?thanks

    ReplyDelete
  29. Selamat pagi Pak,
    Mesin cuci saya LG front loading, pada saat spin, drum hanya berputar sebentar2 ke kiri dan ke kanan. Begitu terus sampai lama, display waktunya pun tidak berkurang. Lalu saya coba kondisi kosong tanpa baju, hasilnya sama saja. Kira2 apanya yg rusak ya?
    Terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. airnya bisa keluar sampai habis pak?
      kalau airnya masih ada di dalam drum artinya permasalahan di bagian pembuanganya bisa karna saluran pembuangan yang kotor atau drain pump nya sendiri yang rusak.
      kalau air di dalam drum habis ada kemungkinan
      a. sensor air rusak tidak bisa membaca debit air yang sudah habis
      b. modul rusak tidak bisa memerintah dinamo berputar kencang.

      Delete
    2. Terima kasih atas jawabannya.
      Air bisa keluar normal, bahkan sy tes saat tidak ada air & tidak ada baju didalamnya. Ketika berputar ke kiri dan kanan, kelihatannya seolah2 seperti jika isinya tidak seimbang lalu mesin cuci berusaha menyeimbangkannya.

      Sebelumnya, ketika sedang dipakai, tiba2 salah satu kakinya patah karena karatan, sehingga mesin cuci oleng dan bergetar hebat.

      Delete
    3. wah.... kok bisa sampai patah kakinya pak? emang brp tahun usia mesin cucinya, soalnya saya selama service gak pernah nemuin kasus seperti itu, kalau berkarat sering pak sehingga gerakan sock tidak elestis sehingga mesin cuci gampang bergerak.

      Delete
    4. sekitar 7,5 tahun, karatan sampai bagian bawah keropos (hanya sebelah saja) bahkan dudukan damper/shock absorber-nya sampai hancur.
      klo shock absorber itu sendiri, apakah didalamnya ada per seperti pada sepeda motor? Soalnya setelah dilepas, sy coba tekan-tarik cukup ringan dan lancar seperti tidak ada perlawanan (gaya pegas). Apa mungkin sudah rusak dan perlu diganti?

      Delete
    5. kalau sudah 7 tahun kayaknya sudah waktunya pensiun pak, hehehehe
      shock nya gak ada per nya pak.
      kalau beloh saya katakan product elektronik 10 tahun terakhir ini memang rata2 kurang bagus termasuk mesin cuci. contoh lilitan dinamo pada mesin cuci hampir gak ada yang pakai kawat tembaga, rata2 pakai kawat almunium. sekarang persaingan harga memang sangat ketat sehingga tiap brand juga harus bisa mengikuti pasar, kalau tidak bisa membuat product yang bisa bersaing tentunya akan bangkrut.

      Delete
    6. Sebetulnya memang sudah ada gantinya yg baru, cuma penasaran aja sapa tau masih bisa dibetulin hehehe......
      btw, terima kasih atas jawabannya.

      Delete
  30. Pak, step by step mengganti bearing mesin cuci lg front loading wd-80160f. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ini pertanyaan yg susah di jawab karna step by step akan memekan halaman yg banyak sama dg 1 artikel. next time akan saya upload videonya kalau sudah siap. akan saya jawab secara umum saja tidak secara teknis
      1. buka penutup bagian atas
      2. buka modul dan ambil taruh tempat yang aman
      3. buka gasket karet pintu mesin
      4. lepaskan door switcnya
      5. buka bodi bagian depan mesin
      6. lepas sock penyangga drum
      7. geser posisi sensor air dr tempatnya agar mudah saat mengangkat drum
      8. angkat drum keluar dari bodi mesin cuci.
      9. lepas dinamo yang menempel di drum
      10. belah drum tersubut menjadi 2 dg membukanya pakai kunci 8mm
      11. sudah terbelah lepaskan tabung stainlisnya dari tabung plastiknya
      12. setelah kelihatan bearingnya bisa di lepas dan di ganti

      Delete
  31. Pak, step by step mengganti bearing mesin cuci lg front loading wd-80160f. Terima kasih

    ReplyDelete
  32. Pak, mesin cuci saya LG front load direct inverter Wd-P1480D6. Beberapa menit setelah mulai pencucian, mesin cuci mengeluarkan suara mendengung seperti kelebihan beban, padahal berat pakaian yang dicuci sudah sesuai dengan petunjuk pemakaian. Kira2 apa yang rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara dengung bisa datang dari suara drain pump atau suara dinamo.
      kalau drain pumpnya mungkin 3 bulanan baru rusak.
      kalau dinamo memang kadang2 keluar suara seperti itu, selama proses masih bisa berjalan normal gak ada masalah kok.

      Delete
  33. Pak.mesin cuci saya Sharp ES-FL860S. Mati Total.sebelum nya pada saat mencuci air tidak mau buang, lalu mati. Di cek jalur modul nya, massa negatif nya tidak ada..kenapa ya pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya jalur massa negatif yang mana? dari power suply atau sesudahnya?
      memang setiap brand pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.
      kalau dari brand ini memang komponen yang ada di modul rata2 pakai komponen tempel sehingga kekuatan kurang dan proses penggantinya juga sulit. tapi juga sangat jarang ada tukang yang mau ngutek2 sampai pada jalur modul seperti anda, rata2 tukang ambil gampangnya ganti 1 set modul dan dealer juga tidak menyediakan spare part komponen modul tapi yang di sediakan adalah 1 set modul.

      Delete
  34. Pagi pak mesin cuci saya lux wh 1090, air masuk normal, tapi proses pencucian motor tidak mau berputar hanya berdengung saja...mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam pak, setahu saya kalau mesin cuci front loading apabila tidak berputar tidak di sertai suara dengung. karna dinamo di mesin cuci jenis ini adalah motor seri, beda dg dinamo mesin cuci 2 tabung jenis motor kapasitor.
      apabila tidak berputar (tidak ada suara dengung) bisa di sebabkan karna carbon sudah habis.
      atau mungkin suara dengung berasal dari solenoid valve yang sedang bekerja (air sedang masuk).

      Delete
  35. Pak Mesin cuci electrolux saya tidak mau berputar jadi waktu di nyalakan tombol start mengisi air tapi setelah beberapa saat mengisi air langsung drain mohon bimbingan nya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan dari modulnya yang rusak pak.

      Delete
  36. Punten mas, mesin cuci saya electrolux EWF85761 front loading. Jalan normal, tapi setelah pengeringan malah kembali ke pengisian air, pencucian, pengeringan, berulang ulang seperti itu terus dan mesin tidak mau berhenti atau END, kemudian saya cabut steker dari stop kontak, pintupun tidak bisa dibuka bahkan macet. Kira kira apanya yg rusak? Saya mohon penjelasannya, kalau punya waktu tolong sms ke 081947042250 semoga allah memberikan balasan yg setimpal atas jasanya. Terimakasih, LaLa Cirebon

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas, saya gak pernah nemuain kasus yg seperti itu (proses berulang).
      kecuali pada top loadiang bisa.
      terus apakah selama proses berulang gak keluar kode error?
      kode errornya pada type EWF85761 bukan angka tapi kedipan lampu di tombol start. saat error lampu di tombol start akan berkedip antara warna merah berkedip berapa kali dan warna hijau berkedip berapa kali. kedipan lampu akan selalu berulang.

      Delete
  37. Malam pak mesin cuci sya lux wh1090, air masuk normal tapi saat akan mencuci mesin langsung spin,tapi air tidak ada yang keluar dari pembuangan...disebabkan apanya ya pak mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dari drain pump gak jalan (kalau spin tapi air gak keluar).
      coba bapak dengarkan ada suara gak pas drain pump gak jalan.
      atau bisa juga kadang terganjal kotoran.
      coba di buka pada bagian depan bawah kanan. di lihat apakah ada kotoran atau tidak.
      kalau umpama bersih artinya drain pump nya rusak dan harus di ganti.
      kalau lux biasanya di atas 5 tahun baru rusak drain pump nya

      Delete
  38. Malam pak tanya lagi ilmunya,mesin cuci lux wh 1090 airnya masuk normal kendalanya saat pencucian tidak mau mencuci tp langsung proses pengeringan alias spin terus apanya ya pak ....trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh.... susah saya jawabnya pak, karna selama saya nyerfis gak pernah nemuin maslah seperti ini kecuali untuk type yg otomatis, kalau type ini kan masih manual pakai timer.
      coba bapak pakai program yang lain jadi timernya di putar cari program yang belakangan misal start nya langsung ke F ATAU G. (jangan A)
      kalau masih langsung drain coba langsung program G (spin).
      baru program F

      Delete
  39. Siang mas,
    Mau nanya : mesin cuci saya LG DD (Direct Drive) Front Loading. Semua program misalnya Cotton saya pilih lalu saya jalankan. Dari pemasukan air, proses berputar masih aman namun pas giliran pengeluaran air, mesin teriak alarm error. Saya sdh coba buka puteran bagian bawahnya unt buang air secara manual dan saya coba lagi spt proses di atas, problem muncul lagi. Habis proses cuci, tidak mau keluarin air buat bilas. Apakah karena modulnya atau drain pumpnya kah?
    Mohon bantuannya ya mas. Seklang kong.
    Hendro

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sering biasanya dari drain pump, kalau modul jarang.
      darin pump rusak pada mekaniknya (as kocak / over size) sehingga saat dapat power kadang putar kadang tidak.
      coba langsung di spin tapi air dalam drum harus ada kalau air gak keluar positif drain pump rusak ( coba sampai 5 kali )

      untuk tau pastinya saat spin dan air gak keluar coba tendang bagian depan tempat buka drain pump nya. (biasanya saya gituin) trus air baru bisa keluar.

      Delete
  40. Pak mesin cuci saya mati total...itu knpa ya.....apa dri modul powernya atau panel nya pak...? Mohon informasinya. Mksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau front loading mati total rata2 dari modulnya, jarang sekali dimakan tikus kabelnya beda dengan 2 tabung.
      mesin cuci merek apa?

      Delete
  41. SelamatSiang Pak.. mohon dijwb segera Yach.. mesin cuci saya merk samsung 7kg tipenya kira2 w70va(kurang hafal).. permasalahannya.. jika di start airnnya ngalir tapi yg bag drain nnya di bawah narik2 terus.. jdi airnya juga kebuang buang..kira2 apa penyebabnya.. selenoidnya sdh sy ganti..krn sebelumnya jika di masukkan air langsung terbuang..makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mesin cucinya front loading atau top loading? trus solenoid apa yang di ganti? kalau masalah motor drain yang langsung narik sehingga air langsung keluar pada mesin cuci top loading bisa karna modulnya yang rusak.
      rusak pada bagian transisitor yang kontaknya short (langsung hubung) sehingga saat start motor drain langsung dapat power. sehingga langsung narik dan air langsung keluar

      Delete
  42. Nuwun sewu pak mau tanya. Mesin cuci saya sharp es-fl1070s (front loading), mesin error saat proses mesin cuci membuang air. Sudah saya coba ganti drain pump. Masih sama saja (saya cek drain pump ternyata masih bagus).
    Mesin tidak error kalau disetting pada program membuang air saja, atau spin saja. Kalau disetting program yang lain, mesin error disaat drain pump menyala.
    Kira2 rusak apanya ya pak.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  43. selamat siang, mau tanya...jika mesin cuci mati sendiri tetapi timer masih sisa 9 menit bagaimana cara memperbaikinya. terima kasih

    ReplyDelete
  44. selamat pagi pak, mohon pencerahanya, mesin saya lux royal WH 1093i. awalnya mesin cuci kerusakanya tidak bisa isi air. kemudian dicoba ulang tiba tiba mesin cuci langsung mati. panggil tukang servis, di servis mesin nyala lagi, air bisa isi dan buang tapi mesin cuci tidak bisa mutar. dicek motornya katanya pak servisnya g papa,,,diagnosanya ada di modul ..tpi sampai sekarang tukang servvisnya belum balik lagi kerumah :( ...mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  45. Mat sore bos
    Mesin cuci saya fron loding sharp 800 dw tak nyalakan start mesin berputar satu putaran terus berhenti kedip 3 lampu indikator sebelumnya erornya pas waktu nuci air gak bisa keluar saya cek motor penguras gak masalah itu apnya ya heheh blajar nyervis ni

    ReplyDelete
  46. Mas kalau MC LG front laoding tombol star kadang nyala kadang ga berfungsi, kira2 rusak apanya ya? Padahal tombol kecil yg didalam masih bagus. Mohon jawab ya mas. Terimakasih segede gunung hehe

    ReplyDelete
  47. om...mau tanya klo mesin cuci eletrolux ew 1162 f timernya muter terus knp ya ? jd blm sempet mesin berputar langsung buang air lg.thanks be 4.

    ReplyDelete
  48. Pak saya mau tanya.
    Mesin saya electrolux front load.
    Seperti kasus di atas, resistor saya meledak dan saya ganti modul. Sudah ok selama sebulan lebih.

    Sekarang ada kasus baru, tidak bisa melanjutkan mencuci alias tengah2 langsung berhenti dan membuka lock pintu (kondisi sabun dan air masih ada).

    Terkadang malah tidak mau mencuci dari awal, hanya isi air saja lalu berhenti dan membuka locknya.

    Tetapi kalau diperintahkan mengeringkan saja, itu mau.

    apa saya harus ganti modul lagi? Jika karena kerusakan modul, apa penyebabnya kira2 ya Pak? apa perlu saya beri stavolt tambahan?

    ReplyDelete
  49. Pak saya mau tanya, mesin cuci saya front loadng sharp, yg masalahnya tombol berdiam di spin cycle dn tidak mau brpindah walau ditekan berkalikali. Dipakai sebelumnya 2 hari yg lalu, jdi setelah mncuci kk saya ingin spin, dn kemudian mmncet tombol spin, tpi tdk jalan, qkhirnya lgsg di off. Kira2 bagaimana ya pak, terima kasih.

    ReplyDelete
  50. siang pa, mau tanya saya punya mesin cuci front loading merk sharp, setiap mencuci hanya berputar satu dua kali terus mati sendiri. dan jika di tekan pause lalu ditekan lagi start maka akan berputar kembali tapi hanya satu dua putaran dan berhenti lagi, itu biasanya karena apa ya pa. mohon informasinya. Terima KAsih

    ReplyDelete
  51. selamat siang pak, mesin cuci saya front loading rusak, patah ass yg ke drum.
    kalo boleh saya tahu merk apa saja yg pakai carbon brush. yg saya pakai merk modena tidak pakai carbon brush dan saya sudah pakai 11 tahun.
    makasih pak ...

    ReplyDelete
  52. Pagi pak... mesin cuci sy samsung front loading tiba2 mati aja sprt nggak ada aliran listrik yg msk, itu knp ya n gimana cara nanganinya...trims sblmnya

    ReplyDelete
  53. Pagi pak... mesin cuci sy samsung front loading tiba2 mati aja sprt nggak ada aliran listrik yg msk, itu knp ya n gimana cara nanganinya...trims sblmnya

    ReplyDelete
  54. mohon maaf apabila ada pertanyaan yg belum sempat terjawab.
    NANA FARLIANA : kalau mati total kemungkinanya ada 2, kalau gak kabel dimakan tikus ya modulnya yang rusak bu....
    coba di cek pada bagian belakang mesin ada 4 sekrup dibuka dengan obeng + dilihat aja apa ada bekas tikus di situ, atau di buka tutup atas mesin pada bagian belakang atas mesin ada 2 skrup. kalau sudah di lepas sekrupnya tutup atas dorong ke belakang nanti akan terbuka tutup atasnya. dilihat juga apa ada kabel yang dimakan tikus

    ReplyDelete
  55. pak mesin cuci saya merk Lux Classic,, pengeringnya rusak, dan tiba tiba tdk bisa nyala,, apa itu rusak dikabelnya atau di timer.nya pak yah???? mohon infonya pak

    ReplyDelete
  56. Pak kalo..selenoid udah ganti..sensor air udah ganti...air tetap galir terus walaupun airx udah hampir lenuh..apax lagi ya..mesin cicisamsung top loding wa80va

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan di selang nya ada yang bocor, walau hanya bocor seukuran rambut sensor air tidak akan bisa membaca debit air sehingga air mengisi terus.

      Delete
  57. mohon info gan..mesin cuci ane Electrolux front load yg 7kg. kapan hari kerendem banjir skitar 10 cm slama 1 jam-an (ga ketahuan)..krna ga bisa buka sana-sini, ane diamin aja semalaman berharap kering..besok paginya ane pake spin ngeringin baju 1x bisa tuntas..ngeringin yg kedua, setiap drum mau putaran yg kedua (balik arah) tiba2 lgsg muter kenceng bbrp detik dan trus berhenti..kira2 apanya yg rusak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. type berapa mesin cucinya? soalnya type tertentu posisi modul ada pada posisi di belakang bawah mesin cuci, kalau kebutulan type yang itu ya kemungkinan modulnya error.

      Delete
  58. Cara benerin door switch gimana paj? Trus spare partnya beli dimana? Estimasi biaya kalo pake jasa tukang servis habis berapa? Mesin cuci saya LG WD-M8870TD, terima kasih pak atas infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau merek samsung atau LG biasanya kabel door switchnya saya jamper(sambung)
      ada 3 kabel disitu yang 2 di sambung langsung sudah bisa (untuk yang mengerti). harga door switch saya kurang tahu persis karna gak pernah beli biasanya saya akal akalan kayak gtu yg penting mesin cuci bisa berfungsi sebagaimana fungsinya.
      estimasi biaya kalau saya 75 rb.

      Delete
  59. Mohon petunjuknya, mesin cuci saya lg front loading 6 kg, sudah sekitar 3 tahun. Semua proses pencucian berjalan normal tapi sekarang setiap habis mencuci malah timbul noda2 pada pakaian seperti noda pewangi pakaian, akhirnya harus dicuci lagi pakek tangan, jadi 2 kali kerja. Mohon arahannya sebelumnya terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu adalah hal yang biasa untuk mesin cuci yang usianya di atas 3 tahun.
      solusinya :
      1. di dalam drum mesin cuci ada lubang lubang kecil, lubang2 tersebut di semprot dengan air bertekanan (jet pump) seperti pompa untuk nyuci kendaraan. setelah air sampai batas pintu kemudian di spin manual. ulangi proses tersebut sampai beberapa kali (saya biasanya sampai 5 kali)
      2.karet pintu bagian dalam di bersihkan dengan sikat atau alat yang biasa nyuci piring di dapur (yang kayak kawat kasar)
      3. tempat pembuanagn juga di bersihkan (terlatak di depan bawah kanan mesin cuci)

      Delete
  60. Hi om Andik, mesin cuci saya LG front loading type WD-M8060TD begitu di start lampu indikator nyala semua dan gak mau muter. Suspectnya module error terkena air, apa modulenya masih bisa di service atau harus diganti baru ya? kalau beli baru harganya lumayan mahal soalnya. Trims

    ReplyDelete
  61. kalau saya gak bisa service modul karna bukan keahlian saya di bidang elektro arus lemah. apabila rusak maka modul di ganti.
    coba di pastikan apa benar modulnya yang rusak dengan cara: panggil tukang lain untuk pengecekan saja. soalnya tiap tukang menganalisa tiap masalah juga dengan cara yang berbeda. barang kali bukan modul yang rusak tapi door switch nya yang rusak karna saya juga pernah ngalamin seperti itu. tukang lain bilang modul rusak tapi setelah saya cek ternyata door switch yg rusak (bimetal gak sambung)

    ReplyDelete
  62. Dear pak andik
    Mesin cuci saya LG wd-m8070TD mesin tidak mau berputar sma sekali dan lampu indikator cara pencucian menyala semua (katun,pencucian tangan,pembilasan dll) dan ada bunyi "tiit" tiap beberapa menit, mohon pencerahannya kira2 apa yg harus diperbaiki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear pak yudhi
      ada 2 kemungkinan menurut saya yaitu modul rusak atau door switchnya yang rusak. tapi yang paling sering saya alami adalah door switc rusak karna ini sering terjadi pada merek LG untuk usia mesin cuci diatas 2 tahun.
      cirinya seperti ini :
      a. tombol on/off di pencet
      b. pilih menu cuci (pilih quick wash saja)
      c. tombol start di pencet.
      d. selang waktu 0.5 - 2 menit lampu akan menyala semua dan bunyi tit tit...
      itu adalah ciri ciri door switch rusak. proses tidak bisa berlanjut ( air tidak bisa masuk )
      UNTUK MEMASTIKAN DOOR SWITCH RUSAK PADA SAAT MESIN BUNYI PINTU DAPAT DIBUKA. tapi kalau pintu tidak dapat di buka artinya ada kemungkinan modul yang rusak

      Delete
  63. Malam pak maaf sy mau nanya sy punya mesin cuci FL Electrolux knp y motor dinamonya berputar pelan n ada jeda agak lama sekali...mohon bantuan n penjelasan nya pak makasih sebelum nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama masih bisa berputar bolak balik gak ada masalah, kalau masalah jeda waktu yang lama antara putar kanan dan putar kiri itu tergantung menu pilihan yang dipilih di tombol pilihan modul misal untuk jenis catton, deliced, wool dan menu lainnya waktu wash dan jeda waktu putaranya akan berbeda.
      coba dipilih menu yang lain (menu yg biasa tidak di pilih) kemudian diamati apakah ada perbedaan jeda putaran dinamonya.

      Delete
  64. sore pak saya mau tanya mesin cuci saya samsung front load saat mencuci air bekas cucian tidak mau kebuang otomatis, sehingga pintu ke lock selalu timbul kode 5e air mandek di dalam saja, sebelumnya pernah bgini tapi saya spin biasanya langsung keluar air nya dan sudah saya bersihkan di pembuangan darurat tetap tidak bisa.. mohon pencerahan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kode 5E artinya permasalah air di dalam drum tidak bisa keluar, yang di sebabkan berbagai faktor tentunya, seperti selang buntu, drain pump buntu atau ada spare part yang rusak (drain pump).
      kalau anda sudah coba membersihkan pembuangan darurat yg terletak di depan kanan bawah mesin artinya tidak ada masalah kotoran yang menyumbat. berarti tinggal kemungkinan drain pump nya yang rusak.
      untuk memastikan silakan dilihat pembuangan darurat tersebut ada seperti baling baling (dgn 4 daun kipas) kepala anda harus turun menghadap pas di depan pembuangan darurat tsb untuk melihatnya.
      masukan jari (atau obeng)anda ke baling2 tsb
      gerakan ! naik turun!
      kalau bisa naik turun artinya drain pump aus/kocak (kadang muter/kadang tidak)
      nyalakan manual spin! trus dilihat apakah baling2 tersebut berputar atau tidak (1 menit).
      kalao tidak berputar berati drain pump rusak.

      Delete
  65. Sore pak andik, mau tanya mesin cuci saya samsung front loading wd0854w8y, saat mencuci air berjalan normal, cuma saat spin pertama berjalan lancar saat putaran balek selalu berhenti terus ga lama keluar kode 3E. Saya pernah coba jaga di belakang saat akan spin berikut saya bantu putar dengan tangan sesuai arah putaran berikutnya bisa berjalan normal, hanya saja setiap putaran balek saya harus bantu putar dengan tangan, kalau tidak pasti berhenti lagi dan keluar kode error lg, begitu jg kalau saya terlambat bantu putar dengan tangan juga langsung berhenti. Mohon bantuannya kira2 masalahnya ada di bagian mananya motor ya? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam pak, kode 3E artinya error pada bagian dinamo/motor yang bisa disebabkan beberapa faktor tapi yang paling sering saya temui adalah carbon brust sudah habis (panjang menjadi pendek) dan yang habis salah satu (ada 2).
      pada merek ini sering terjadi hal seperti itu ini di sebabkan karna usia mesin cuci biasanya diatas 3 tahun untuk rumah tangga atau lebih cepat apabila intalasi di rumah anda tidak memakai pompa air karna air masuknya di tempat sabun tekananya kecil maka biasanya pada bawah mesin akan ada kebocoran tapi sangat kecil. biasanya air merembes dari tempet sabun tersebut sehingga ke dinamo tapi tidak sampai basah hanya lembab.
      lembab inilah yang menyebabkan carbon dinamo cepat berkurang.
      untuk memastikan bisa dilihat di video tutorial persis untuk merek samsung.

      Delete
    2. Malam pak, mesin saya dinamonya ada di belakang drum dan tdk ada van belt nya, sepertinya dinamo brushless. Awal kasus nya krn ada tikus mati terjepit diantara kumparan sm bagian magnet nya. Kl spt itu kira2 apa kasus nya? Mohon pencerahan nya pak. Dinamo nya yg berputar di bagian magnet nya, bagian kumparan diam, beda sama mesin samsung yg di video tutorial.

      Delete
    3. yang pakai sistem seperti itu hanya merek LG, itu bisa di bongkar pada bagian belakang mesin, lepas baut belakang yang di lempengan magnet kemudian tarik keluar nanti akan kelihatan semua kumparanya.
      lepas soketan kumparanya (ada 3 kabel merah kuning biru) kemudian decek pakai avo meter (ohm) harus sambung tapi ada resistansinya.
      atau dilihat tampak fisik apabila pernah tikus disitu kecepit pastinya akan ada kumparan yang rusak.
      lebih jelasnya di tarik aja keluar semua kumparanya biar kelihatan.

      Delete
  66. Mat malam pa, saya punya mesincuci front loading merk lg.kalau di hidupkan normal semua display nya pa.tapi giliran diplay display jadi kedap kedip semua pak,kira kira masalah nya dimana ya pa.terimasih.

    ReplyDelete
  67. Pak mesin cuci saya LG load front kapasitas 6 kg. Kenapa ya pak, setelah tombol power nyala dan memilih waktu pencucian lalu tidak lama setelah itu bunyi alarm yang artinya tidak mau sedot air, dan baru nyala setelah saya kagetkan di pintunya. mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di start belum mesin cucinya? kalau sudah di start mungkin, tapi kalau belum di start saya gak tahu.

      Delete
    2. sudah di start semuanya pak, harusnya mengambil air tapi malah alrm bunyi, dan setelah itu saya kagetkan pintunya dengan dengkul baru deh nyala mulai mengambil air. tolong ya pak jawabannya. matur nuhun...

      Delete
    3. Ituu door switchnya yg rusak, di ganti saja,.

      Delete
  68. Mesin cuci saya midea front loading type mfs85-s1214. Saat ini motor tidak mau berputar. Saya cek motor tidak short. Akhirnya saya gnti kapasitornya aja. Itupun juga pakai rangkaian (kapasitor mkm 2 biji dan kapasitor milar 2 biji) . Bisa berputar cuma 2 hari dan skrang mati lagi. Muncul kode E60 dan E61. Arang di motor masih tebal.

    ReplyDelete
  69. Mohon info nya pak,mesin cuci sy LG front loading,kenapa ya air pembuangan belum terbuang semua tapi air sdh mengalir masuk jadinya drum tidak terisi karena pembuangan masih terbuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, saya kok gak pernah nemuin kasus kayak gitu ya....
      mungkin solenoid valve (inlet air) bocor. coba dilihat pas kondisi mesin cuci mati (dicabut) apa ada air masuk ke drum?

      Delete
  70. Mesin cuci sy samsung SWF 8, ketika mati listrik/mcb turun kmdian nyala lagi & dilanjut mesin posisi akan spin pada waktu sisa 4 menit putaran spin jd tdk kencang dan waktu menjadi sisa 5 kembali lg jd 4 menit terus begitu tdk ada finishnya/end. mengapa demikian ya pak? tp kalo kembali start keawal mencuci normal sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf.... saya gak pernah ketemu kasus kayak gitu,

      Delete
  71. Admin. Motor jalan tapi nggk maksimal atau putaran lemah..itu gmn y..

    ReplyDelete
  72. Pak, maaf mau nanya, untuk cara bongkar drain pump itu gimana ya, posisinya ada di bawah atau dimana, terimakasih

    ReplyDelete
  73. Mesin cuci Primus ...tebaca di indikatornya investor motor fult...maksudnya apa min

    ReplyDelete
  74. Mesin cuci Primus ...tebaca di indikatornya investor motor fult...maksudnya apa min

    ReplyDelete
  75. pak mau tny mesin cuci saya front loading samsung bisa nyala setelah pilih program pencet tombol stat langsung muncul eror de2 mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dE artinya pintunya gak bisa mengunci.
      silakan lihat video saya di https://www.youtube.com/watch?v=Y4gkd3oH8OE
      cuman videonya untuk merek LG tapi pada prinsipnya sama cara penangananya

      Delete
  76. Mohon pencerahan pak mesin cuci sya LG 1 tabung modul normal buat ngeringin bisa tpi pencuci tidak mau berputar dan air masuk terus tidak mau mati meskipun sedang mengeringkan baju.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasnaya selang angin ada yang bocor karna gesekan drum.
      coba bapak buka bagian atas mesin dan belakang mesin. cari selang warna hitam yang masuk ke sensor (atas) kemudian ujungnya ke bawah masuk ke drum mesin cuci. lepas tiap ujungnya dan ambil keluar.
      setelah di luar cari bocornya atau di tiup dan ujung satunya di tutup. PASTI ADA YANG BOCOR

      Delete
  77. Mohon pencerahan pak mesin cuci sya LG 1 tabung modul normal buat ngeringin bisa tpi pencuci tidak mau berputar dan air masuk terus tidak mau mati meskipun sedang mengeringkan baju.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasnaya selang angin ada yang bocor karna gesekan drum.
      coba bapak buka bagian atas mesin dan belakang mesin. cari selang warna hitam yang masuk ke sensor (atas) kemudian ujungnya ke bawah masuk ke drum mesin cuci. lepas tiap ujungnya dan ambil keluar.
      setelah di luar cari bocornya atau di tiup dan ujung satunya di tutup. PASTI ADA YANG BOCOR

      Delete
  78. Mohon pencerahannya.saya punya mesin cuci front loading LG pemkaian skitar 2thn.utk proses cuci baju mesinnya berfungsi dengan baik.tapi utk spin timernya tidak berubah dan hanya berputar sktr 5 detik dalam 1 menit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lihat selang pembuangan saat AWAL proses spin, apakah air bisa keluar???? kalau gak bisa artinya drain pump rusak.
      atau coba buka bagian depan bawah kanan mesin cuci (tempat drain pump)
      saat spin itu di buka air akan keluar dari depan dan spin akan berjalan normal lagi. artinya drain pump rusak

      Delete
  79. Mohon pencerahannya pak mesin cuci saya electrolux ew560f masalahnya proses pencucian normal tapi tidak mau bilas.jadi proses wash terus terusan psisi program fast spin.kira kira masalahnya apa ya pak terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak salah type ini yang manual (bukan digitel tp timer manual) ya pak? kalau type manual kemungkinan besar bermasalah pada timer nya.
      disini timer berfungsi sebagai pengganti modul yang mengatur proses lama waktu mencuci, bilas, dan kering.
      apabila timer ini tidak berputar ya otomatis proses tidak akan bisa berlanjut ke proses sesudahnya. misal kalau wash ya wash terus, atau spin ya spin terus dan tidak bisa off sendiri.

      Delete
  80. Mohon pencerahannya pak Andik.
    Mesin cuci saya LG TurboDrum (1 tabung), posisi mesin waktu d jalankan awal awal normal dalam pengisian air namun setelah selesai pengisian air tabung tidak mau berputar hanya ada suara mesin saja menderung kecil, saya coba hanya spin saja namun tabung juga tdk mau berputar hanya ada suara durung mesin kecil.
    Mohon pencerahannya pak.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar kapasitornya yang rusak pak (selama masih ada dengung)
      kalau dinamo sangat kecil kemungkinan rusak pada jenis mesin top loading.
      untuk memastikanya coba pulley dinamo di putar pakai tangan kalau ringan berarti aman artinya tidak ada coin yg nyangkut di bawah pulsator.
      tapi kalau tidak ada dengung kemungkinan modul tidak memberi perintah ke dinamo artinya modul mesin cuci bapak rusak.

      Delete
  81. Salam dan mohon pencerahan Pak Andik.
    Mesin cuci saya electrolux (lux royal), proses pencucian normal tetapi masalahnya tidak mau bilas (mengakhiri cuci). jadi proses wash terus. Kira2 apa problemnya?? Terimakasih banyak sebelumnya, wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. type berapa mesinya pak? kalau type manual jawaban saya seperti pertanyaan di atas. tapi kalau yg type digital jarang terjadi kasus seperti ini.

      Delete
  82. Mohon pencerahan nya pak andik...mesin cuci sy front lding merk smsung
    ..permasalahn nya suplay air ga keluar selenoid ga ada tanda2 hidup,tp saya tes langsung dg power selenoid masi bekerja..wash,spin,..jalan.kira2 knp ya pa andi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau solenoid valve sudah di tes langsung dg power dan hasilnya bekerja,
      artinya dia tidak mendapat supply power dari modul bisa karna ada kabel yg putus atau modul yg rusak.
      kasus seperti kadang terjadi di sebabkan tekanan air kecil, sehingga menyababkan TRIAC (komponen di dalam modul yg menyuplai power ke solenoid valve) bekerja terlalu lama dari standart waktu kerjanya dan akhirnya rusak.
      coba bapak cari jalur kabelnya dulu dari solenid ke modul, soalnya saya juga pernah salah tak kira modulnya yang rusak ternyata ada kebel yg dimakan tikus. posisinya mudah kok tinggal buka tutup atas sudah kelihatan jalur kabelnya

      Delete
  83. Sudah saya chek kabelnya aman tidak ada yg putus karna sitikus,kalo selenoid saya lepas power saya check ada,tp kalo selenoid saya pasang kembali power jadi hilang...minta pencerahannya lg pa andik...trimakasi sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. power di cek pakai apa? kalau pakai taspen gak bisa harus pakai volt meter (AVO meter).
      yg saya maksud dengan mengecek solenoid valve secara langsung ADALAH memberi power langsung 220 volt ke solenoid valve. apa sudah di lakukan?????
      kalau di cek seperti itu solenoid bisa. artinya permasalahan ada pada modul mengapa?
      modul rusak tidak bisa memberi supply power ke solenoid valve.
      intinya : untuk memperbaiki kerusakan harus di petakan dulu tiap komponen,
      pertanyaan bapak juga kurang jelas jadi saya juga agak bingung mau memberi jawaban yang relevan.
      kalau membutuhkan jawaban yg relevan bertanyalah dengan sejelas jelasnya dan jangan malas untuk menulis.

      Delete
  84. Selamat Siang Pak Andik. Kalo boleh mohon sharing ilmunya.
    Saya memiliki mesin Elextrolux EWF10741. Masalahnya, saat saya mau melakukan pencucian, lalu saya putar knob dan memilih putaran, serta pilih quick dan men-start tombol running. lalu tidak lama, lock pintu menutup dan sempat terdengar suara air masuk dan menit pun pada display dari 45 menit langsung berubah menjadi 1 menit. lalu hanya berdengung saja. tapi tidak ada muncul erorr pada display. yang aneh hanya tiba2 menit berubah langsung 1 menit. Kira2 bagian apa yang harus di cek dan diperbaiki. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo pas jalan itu gak da kode erorr muncul, hanya display menit saja yg berubah dari 50 ke 1 menit. tapi jika saya masuk ke panel diagnosa. memang disitu ada erorr E66. saya coba hapus muncul kembali.

      Delete
    2. permasalahan seperti ini yg sulit untuk menganalisanya.
      saya mau berbagi pengalaman aja, waktu itu saya juga pernah ngalamin hal yg mirip seperti punya mesin cuci bapak. juga sempat bingung juga apakah modul yg rusak atau ada komponen lain yg bermasalah. ceritanya saat mesin di start air dan pintu mengunci trus display langsung pindah angka 1 kemudian end. setelah saya cek solenoid valve, door switch, pressure switch, carbon semuanya kelihatan normal dan akhirnya saya vonis modul yg rusak. setelah selesai semua dan mesin mau saya tutup dan seya kembalikan eh.... ternyata ada 1 kabel drain pump yg putus waktu itu juga gak sengaja melihatnya. akhirnya saya sambung lagi dan ternyata mesin cuci bisa normal lagi.
      Dalam hati juga bingung kok bisa??? kalau loginya kabel putus ya maslahnya paling drain pump gak jalan dan air gak keluar tapi kok modul juga ikut error.
      mungkin pengalaman ini gak bisa di jelaskan secara teori teknik, kecuali teknisi dealer sendiri yg mungkin lebih mengerti.

      Delete
  85. Sekedar sharing, saya sudah panggil teknisi resmi, lalu dicek. hasilnya modul control yang dibawah rusak dan harus diganti. tapi setelah itu, saya kembeli bongkar dan saya coba cek modul tersebut memang ada trafo kecil di papan PCB seperti hangus (ada bekas di tutup modul). saya coba bersihkan semua dibagian dalam dan saya kembali pasang. setelah saya coba nyalakan, alhamdulilah kembali berfungsi. Cuma disini saya mau share, kalo pun modul rusak harusnya panel tidak berfungsi sama sekali, tapi ini berfungsi cuma seperti ada yang error saja. Apakah trafo yang ada di PCB itu bisa diganti tanpa harus mengganti modul keseluruhan?bagaimana mengetahui speknya? thanks.

    ReplyDelete
  86. Mohon pencerahannya Pak Andik, mesin cuci saya Sharp Front Loading, jika mau proses pencucian diisi air, dia tidak mau menyimpan air, diisi dulu setelah terisi dan akan proses washing,air langsung terbuka & terbuang dan tertulis End, terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  87. Pak mau tanya,,mesin cuci sy samsung front loading. Saat pengisian air,kenapa ya airnya malah keluar dr tempat sabun.gmw ke tabung

    ReplyDelete
  88. Pak mau tanya,,mesin cuci sy samsung front loading. Saat pengisian air,kenapa ya airnya malah keluar dr tempat sabun.gmw ke tabung

    ReplyDelete
  89. Pak Andik, MC say sharp fl860S, saat mulai cuci air bisa masuk. Tp begitu mesin jalan bunyi agak keras trus konslet. Knapa ya Pak.

    ReplyDelete
  90. sore pa. saya mau tanya untuk type mesin untuk samsung wf756u2sawq-se ecobuble/inferter (front loadding) itu mengunakan carbon brush atau induksi motor. thanks

    ReplyDelete
  91. Mesin cuci saya samsung front loading mas,setelah tekan start air masuk kemudian berputar 1 kali setelah itu air berhenti masuk dan muncul code error 3E,sudah saya coba ganti dinamo tapi masih saja begitu mohon bantuannya mas

    ReplyDelete
  92. mau nanya pak , mesin cuci otomatis polytron, kait yg ngait ke pintu patah , di deirek (kabelnya di sambung jadi satu, tp masih belum berputar,, apakah harus nunggu air penuh dulu, lampu indikator washing kedip-kedip klu di start,, apakah ada kendala lain pak ? mohon bantuannya ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu adalah door switch, gak ada masalah apabila di sambung langsung.
      saat proses wash dinamo baru bisa berputar apabila debit air sudah tercukupi.
      yang menentukan debit air tercukupi adalah sensor. apabila air sudah tercukupi tapi dinamo blm berputar bisa karna sensor rusak atau selang angin yang menghubungkan drum ke sensor bocor. hal seperti ini sering saya alami

      Delete
  93. Maaf pa mohon bantuannya. Mesin cuci saya merk panasonic 1 tabung pintu atas. Pada proses spin masih banyak airnya...mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 sebab.
      1. saluran air tersumbat sesuatu misal kotoran/coin. sehingga air tidak bisa keluar.
      2. motor drain rusak. motor drain berfungsi menarik seal pembuangan sehingga saluran air terbuka sehingga air bisa keluar dari drum mesin cuci.
      untuk membedakan/mencari tahu di antara 2 penyebab tadi coba!!!
      a. saat air penuh di mesin cuci dan dinamo sudah berputar, matikan mesin dan nyalakan lagi tapi pilih langsung menu spin. setelah start amati selang pembuangan apakah ada air yg keluar atau tidak.
      b. apabila tidak ada air keluar sama sekali artinya motor drain rusak.
      c. apabila ada air keluar tapi pelan artinya saluran pembuangan ada yg tersumbat.

      Delete
  94. selenoid valve samsung front loading sy jika kran air dibuka mk ngucur air terus meski power off, filter sdh dibersihkan tp tetap sj, valve tsb apakah bisa dibongkar & diperbaiki/bersihkan dalamnya pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi kalau karet seal di dalam sudah mengeras/kaku maka akan sulit.
      sebaiknya di ganti saja.

      Delete
  95. Dear mas andik,
    Mau bertanya ini mesin cuci saya merk panfila Pfl-8200 front loading 8 kg. Untuk mode drain dan spin mesin masih normal, akan tetapi untuk mode wash yang terjadi air terus menerus mengalir masuk namun walaupun di dalam tabungnya sudah keisi banyak (saya tes ga pake muatan baju sama sekali) ga mau mulai2 aja proses mencucinya. Saya coba pencet tombol pause proses pengisian air berhenti. Pertanyaannya mungkinkan sensor airnya rusak ? Ataukah solenoidnya ? (Kalo di pause bisa menghentikan air asumsi saya solenoid gpp kayanya) Atau komponen lainkah yg rusak ? Mohon informasinya...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear mas dwi budi,
      saya gak pernah benerin merek tersebut tp pada prinsispnya cara kerja mesin cuci hampir semua sama.
      Penyebab air terus masuk ke dalam drum tanpa berhenti adalah;
      1. selang sensor air bocor ini biasanya di sebabkan karna gesekan selang dengan body drum. untuk mengetahuinya bisa anda tiup pada bagian ujung yang bawah atau ujung yg masuk ke drum (bukan yang masuk sensor).
      2. sensor itu sendiri yang rusak. cara mengetahuinya dg mencoba menukar sensor yg masih berfungsi atau biasanya tampak fisik pada soket merepuh putih kayak ada kapurnya. coba lepas soketnya dan bersihkan kemudian cuba lagi. kalau gak bisa berarti sensornya rusak.
      3. modul rusak (triac hubung) tandanya apabila mesin cuci di ON kan air langsung masuk padahal blm di pencet tombol start.

      Delete
  96. Met siang mas andik,,
    Mesin cuci sy merk sharp es-fl860s
    Mesin tdk bekerja.. Lampu indikator pd tanda segitiga nyala berkedip dan pintu tabung tdk terkunci.. Sementara untuk suplai air sdh di test secara manual kondisi bagus,,
    Mhn petunjuk mas,, terimakasih sebelum nya..

    ReplyDelete
  97. Sore mas..sy mau tanya selenoid valve samsung top loading sy jika kran air dibuka mk ngucur air terus meski power off,sudah sy ganti water inlet baru malah air gk bs keluar.mohon petunjuknya mas.trima kasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. water inlet yang baru apa sudah di cek secara manual? kalau kondisi nya ok. coba anda ikuti jalur kabelnya ke modul. setelah ketemu coba langsung di ukur soket keluar nya yg dari pcb modul. apakah ada power atau tidak???
      merek ini sering modul gak bisa memberi perintah ke solenoid valve.

      Delete
  98. Pk Mesin cuci saya Samsung 1tabung . Air ngisi terus tapi tdak berputar mencuci, saat mengisi air suka ada code 4e air berhenti. saya tekan tombol star baru ngisi lagi. Air udah penuh tapi blm berputar juga. tapi Untuk mengeringkan mesin berputar. Knp ya pak. Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4E artinya error pada proses air masuk yg di sebabkan bebrapa hal :
      1. air masuk kecil sehingga membutuhkan waktu yang lama sehingga modul keluar kode 4E, ini bisa disebabkan karna filter inlet kotor atau tekanan air yang kecil (bawaan dari instalasi rumah).
      2. air masuk terlalu banyak ke dalam drum (air tidak berhenti saat mengisi) maka modul juga akan keluar 4E, ini di sebabkan solenoid valve macet / tidak bisa menutup saat stanby

      Delete
  99. Mas andik sy sdh cek door switch nya..
    Pintu bisa mengunci lg tapi mesin tetap blm bs bekerja,, mhn ijin petunjuk lanjut mas,,

    ReplyDelete
  100. Met mlm mas andik,,
    Sy sdh coba cek door switch nya,,
    Pintu sesaat bs terkunci tp tdk lama kembali ke indikator ready dan pintu tdk terkunci lg,, mesin tetap blm bs bekerja..
    Mhn petunjuk lanjut mas,,
    Terimakasih sebelumnya,,
    (Jadi makin penasaran sy mas.. Hehee)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf apabila jawaban saya kurang memuaskan. saya dulu pernah ngalamin kayak gtu setelah saya cek tiap komponen kok gak ada masalah semua, akhirnya saya coba tukar dengan modul mesin sejenis yang masih normal kok ternyata bisa. akhirnya saya berkesimpulan bahwa kerusakan pada modul

      Delete
  101. Pak Andik, mohon bantuannya seputar mesin cuci sharp front loading ES-FL108S. Hari ini saya pakai mesin cuci tsb, saat spin, suara lebih keras tidak seperti biasanya. Saya cek bagian tabungnya, ternyata ada pakaian yg nyangkut dlm tabungnya, persis di bagian sambungan plat tabung. Pakaian tersebut sampai sobek. Sambungan tabung tsb saya lihat lepas/putus sedikit. Itu bagaimana solusinya ya Pak? Terus terang saya agak males hubungi CS, agak lama reponsnya. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  102. Maaf pk numpang tny.,sy pny mesin cuci lg turbodrum pintu ats.,masalahny motor berputar sendiri sebelum distart.,tp cumn 1 arah. Kira" permasalahanny dmn ya pk??trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. besar kemungkinan rusak pada modul.
      triac (untuk menggerakan motor) = hubung/short pada modulnya. triac ini harusnya hubung saat di triger saja. karna short/hubung terus akhirnya menyebabkan motor langsung berputar padahal belum di start.
      kalau rusak pada modulnya di ganti aja dengan modul universal/multi.
      lihat disini caranya

      Delete
  103. Mas andik saya ikhsan, mau tanya ttg mesin cuci, benini mas,
    mesin cuci saya LG tipe 6,5 kg Front loading, pada saat di nyalakan timbul bunyi yg bising kayak gesekan, dan timbul percikan api, apakanh yang salah dng mesin cuci tsb? trus dah saya cek an ke tenaga service katanya, karbon nya habis, tp saat saya tanya ke service centre LG Karbon tersbut harus dibeli dengn motornya, alias ganti motor komplit, akan teetapi , stok nya tigdak tersedia lagi alaiah tidak diproduksi bgt infonya, trus bagaimana solusinya mas? apa mmg harus ganti motor? atau bisa dgn ganti karbonnya saja, kl hanya hanya ganti karbon dimana saya bisa beli karbonnya , terima kasih infonya, ini no hp saya (WA) biar kita bisa bekomunuikasi lebih lancar lagi , terimakasih 058274173169

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk front loading LG lama memang motor pakai carbon, tap untuk yg terbaru dirrect inverter motor gak pakai carbon.
      carbon bisa di ganti dan gak harus dari merek LG asal ukuranya sesuai dan rata rata semua ukuran carbon untuk mesin cuci hampir sama.
      timbul percikan api adalah wajar pada jenis motor seri (motor nya front loading). biasanya apabila carbon akan habis suara pada motor akan cenderung keras apalagi saat spin.
      coba di pastikan dulu jenis LG yang terbaru atau bukan? kalau memang butuh carbonya nanti saya kasih tahu link belinya

      Delete
  104. sore pak mesin cuci saya sanken 1tabung air keluar terus tapi sampe penuh nga mau muter tabung nya kira2 kenapa ya pak?terima kasih

    ReplyDelete
  105. Assalammualaikum...pak...saya mau tanya mesin cuci saya LG fornt loading , kenapa setiap mencuci pelembut/pewangi selalu tertinggal di kotak,menyebabkan baju tidak wangi, padahal saringan saluran masuk sudah saya bersihkan semua...terimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  106. Pagi pak, mesin cuci Royal LUX WH 1093, disaat mau spin display display mati bbrp detik kembali hidup berulang ulang, dan M.cuci saya tidak bisa spin

    ReplyDelete
  107. Pagi pak saya punya mesin cuci merk Royal LUX WH 1093, kalau spin tiba" display nya mati bbrp detik dan itu berulang ulang dan mesin cuci nya tidak bisa loading spin nya

    ReplyDelete
  108. Selamat Siang pak
    Saya punya mesin cuci front loading samsung WF650U2BKWQ.minggu lalu trouble di kontrol pompa buangnya setelah saya panggil teknisi, diganti beberapa komponen Electronicnya dan bisa berfungsi,tapi sekarang timbul masalah baru, airnya hanya masuk lewat saluran sabun dan saluran pewangi sama sekali tidak terairi air.
    Mohon diberikan pencerahan pak
    Terima kasih

    ReplyDelete
  109. Hallo Pak Andik,
    Mesin cuci saya electrolux front loading (ewf 984)
    Mohon sharing pengalamannya pak.
    Permasalahan yg mesin saya alami, kunci pintunya sering mati-nyala dengan suara khasnya "cetrak-cetrek", kadang di awal pencucian sempat berjalan normal 20 menit mencuci, setelah itu kumat lagi, kunci pintunya mati-nyala, sehingga proses mencucinya tertahan, bahkan sampe kereset ke nol timernya (End).
    Muncul kode E-40.
    Modul kunci pernah saya cek, saya bersihkan kontak2 bimetal dan resistannya, masalah serupa masih terjadi. Modul kunci pas masalah terjadi teraba panas sekali di posisi resistansi bimetalnya (sepanas apa normalnya ya pak, apa wajar?)

    ReplyDelete
  110. slamat sore pak, mesin cuci saya top loading merk sharp..
    air stelah pencucian gak bisa keluar, cara ngatasin nya gmana ya?
    Ada tulisan drain err

    ReplyDelete
  111. Mlem pak,., Ijin bertanya pak, mesin cuci saya Samsung diamond drum, top loading.. kasus saya adalah air tidak mengalir kluar.. untuk drainnya sudah sya cek dan sya copot aman.. permasalahannya adalah ternyata tidak ada arus listrik ke drain motornya,.. cara untuk menjumper modulnya bagaimana nggih pak?

    ReplyDelete
  112. Pak andik mw tanya,, sy sdh lihat tutor switch door LG,, kbtulan punya saya LG wdn1213d6, tnyata d soket switch nya ada 4 kabel, merah hitam kuning&biru.. klo mw sy jumper yg wrna kuning sama biru y? Mhon pneranganya pak andik trims.

    ReplyDelete
  113. Siang pak,mesin cuci saya samsung eco buble front loading. Mesin udah sempat gak dipake kurleb 6 bulan,saat mau dipakai tepatnya saat mencolokkan kabel mesin cuci ke stop kontak,listrik dirumah langsung padam atau terjadi korsleting. Kira kira permasalahannya dimana dan bgmana menanganinya ya? Mohon balasan secepatnya ya pak..
    Terimakasih...

    ReplyDelete
  114. Pagi pak andik,maaf mau tanya..
    Mesin cuci saya Samsung Eco bubble

    Ketika mau Nyuci kan banyak pilihan mode cucian,
    Nah putaran untuk Pilih mode Cucian sdh di putar2 tapi tidak mau gerak / pindah mode cucian nya..jadi hanya bisa cuci di 1 mode saja.

    Dan jika pas pengeringan suara kasar dan bergetar kencang (dahulu service di service center malah jdi kasar begitu , dahulu ganti tubebag atau apa namanya lupa saya)

    Kira2 sparepart apa yg harus saya ganti..?

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  115. maaf.. mau tanya pak...
    mesin cuci saya merk panasonic na f756a..kerusakan: saat awal start...selang 5 detik tiba tiba lampu di panel berkedip kedip ,,proses pun berhenti,,kemudian dicabut cok baru bisa mati...trim taz bantuannya

    ReplyDelete
  116. saya punya mesin cuci LG turbo drum airnya mengalir terus kira-kira gangguan apanya trims

    ReplyDelete