Cara pasang modul universal mesin cuci samsung WA90F4

Modul mesin cuci atau biasa orang awam menyebutnya digitalnya mesin cuci adalah komponen yang berfungsi mengatur semua proses  kerja dari mesin cuci mulai air pertama masuk, lama waktu mencuci, banyak sedikitnya air di drum pencuci, sampe pada proses spin yang terakhir semua diatur oleh komponen modul ini.

Kalau saya ibaratkan mesin cuci ini adalah manusia. Maka komponen modul ini adalah otak dari manusia, kira kira seperti itu bahasa gampangnya.

Apa penyebab modul pada mesin cuci bisa rusak?


1. Modul terkena air.

ini adalah penyebab yang paling sering terjadi, apabila instalasi air di rumah anda hanya mengandalkan tandon atau PDAM yang mana tekanan airnya kecil tentunya proses pengisian air ke drum mesin cuci akan lama dan orang akan cenderung mengisinya manual yaitu dengan selang atau langsung air dalam timba dimasukan ke mesin cuci. air inilah yang kemudian masuk di sekitar modul sehingga modul menjadi lembab dan mudah terjadi konsleting di dalam PCB modul.
solusi apabila melakukan pengisian secara manual adalah melalui selang yang dilewatkan pada bagian samping mesin cuci dan jangan di lewatkan dari depan.

2. Tekanan air di rumah anda  kecil (tidak memakai pompa air).

kalau tekanan air kecil maka proses pengisisan air juga menjadi lama, ini akan berpengaruh pada komponen solenoid valve bisa terbakar spolnya dan kalau spol (kumparan) terbakar biasanya spol akan hubung singkat  yang menyebabkan transisitor penggerak di dalam modul terbakar. juga beberapa komponen di dalam modul seperti IC yang mana harusnya bekerja cuman sekian menit tapi karna air masuk tidak lancar akhirnya memperpanjang waktu kerja IC tersebut
solusi pasanglah pompa air otomatis (bisa mati sendiri saat semua kran tertutup) apabila tekanan air di rumah anda kecil karna ini akan memperpanjang usia mesin cuci anda.

3. Tegangan listrik di rumah anda tidak stabil.

maksud dari tidak stabil adalah kadang naik dan kadang turun tapi banyak turunya, cara mengetahuinya apabila lampu di rumah anda sering redup sendiri.
solusi lakukan proses pencucian di luar beban puncak PLN misal pada pagi hari sebelum jam 6 pagi atau memasang stabilizer pada mesin cuci.

Bagaimana menangani permasalahan apabila modul mesin cuci di rumah anda rusak?


1.  Mengganti  modul yang rusak tadi dengan modul original nya mesin cuci.

Hanya sebagian orang saja yang mau mengganti modul dengan modul original, kalau menerut pengalaman service saya selama ini mungkin hanya 1 diantara 10 orang yang mau, mengapa?
a. harga yang relatif mahal.
b. proses yang lumayan lama, rata rata orang maunya panggil tukang service  datang  trus mesin cucinya sembuh bisa dipakai lagi, padahal tidak seperti itu karna untuk modul original jarang sekali toko yang jual dan hanya bisa di beli di dealer resminya saja itupun kadang harus inden 1 minggu.

2. modul mesin cuci di modifikasi menjadi  manual.

Sebagaimana penjelasan diatas bahwa modul ini berfungsi sebagai OTAK nya mesin cuci, jadi cara kerjanya semua otomatis anda tinggal set program dan di tinggal nanti akan selesai sendiri tanpa repot repot mengisi air di drum , membilas, dan mengeringkan.
Bagaimana cara kerja modif manual ini? mungkin nanti akan saya buatkan artikel dan video yang lengkap khusus membahas masalah ini. tapi pada intinya fungsi komponen modul ini sudah tergantikan oleh komponen timer pencuci dan timer pengering kalau anda punya mesin cuci manual 2 tabung maka cara kerjanya persis sama hanya bedanya baju tidak perlu di pindah ke tabung satunya untuk di keringkan.
alternatif ini yang paling banyak di minati oleh orang kalau saya katakan 5 dari 10 orang yang memilih car ini. mengapa
a. harga yang relatif murah
b. proses pengerjaan yang cepat dan komponen juga banyak di jual di toko.
c. tingkat resiko kerusakan lagi kecil.

3. Mengganti modul yang rusak tadi dengan modul universal/modul multi.

Modul universal atau biasa orang menyebut modul multi adalah modul yang bisa di pasang pada semua mesin cuci top loading (bukan front loading/bukaan depan).

Apa perbedaan modul original dengan modul universal ini? Pada prinsipnya sama saja hanya pada modul universal ini cara kerjanya lebih ringkas hanya terdiri dari beberapa tombol saja.

a. tombol on/off  befungsi menyalakan dan mematikan mesin cuci
b. tombol proses berfungsi untuk memilih proses apa yang akan kita jalankan misal untuk
proses cuci+bilas+kering
proses bilas+kering saja
proses kering saja
c. tombol water level berfungsi untuk mengatur debit air didalam drum mesin cuci dimana kebutuhan air tentunya akan berbeda tergantung pada jumlah baju yang di cuci.
d tombol start/pause berfungsi untuk memulai proses mencuci.

Tetapi pada modul bawaan mesin cuci apalagi mesin cuci keluaran terbaru dimana banyak pilihan tombol yang  kurang efektif menurut saya dan juga lumayang membingungkan untuk sebagian orang apalagi bagi ibu ibu yang sudah lanjut usia dan gaptek. ambil contoh saja tombol untuk memilih jenis baju yang akan di cuci dan tombol delay start dll.

Bagaimana cara pasang modul universal ini pada mesin cuci?

Proses pemasangan ini sebenarnya tidak terlalu sulit yang penting anda harus mengerti terlebh dahulu fungsi komponen-komponen yang berhubungan saat pemasangan modul universal.

1. solenoid valve


Adalah komponen yang berfungsi sebagai kran masuknya air ke dalam mesin cuci, bahasa gampangnya seperti ini kalau di ibaratkan dengan kran air.
kran air = air bisa lewat apabila ontel kran di putar dengan tangan
solenoid valve = air bisa lewat apabila spul/kumparanya diberi listrik  220 volt
jadi pengertian solenoid valve adalah kran  yang di gerakan oleh listrik 220 volt.

solenoid juga banyak macamnya  dilihat dari
a. bentuknya
b. tegangan kerjanya ada yang 3 volt, 12 volt, 28 volt dan 220 volt
c. kapasitas tekanan beban misal max 2 bar, 6 bar, 10 bar
d. apa yang di salurkan, misal solenoid valve untuk air beda dengan untuk angin atau untuk gas.

tapi pada mesin cuci semua sama yaitu tegangan kerjanya di 220 volt. hanya bentuknya saja yang berbeda pada tiap merek mesin cuci.

2. Water level / sensor air / pressure switch



Adalah komponen yang berfungsi membaca debit air di dalam drum mesin cuci, dimana hasil bacaanya di kirim ke modul, kemudain modul memerintahkan solenoid valve berhenti mengisi air dan memerintahkan dinamo untuk berputar.

water level di mesin cuci ini menurut cara kerjanya ada 2 macam :
a. water level manual artinya sinya yang dikirimkan ke modul adalah NO (normaly open) dan
NC (normaly close).
bahasa gampangnya apabila air di dalam drum sudah terpenuhi maka pin soket di water level sambung, tapi kalau air belum terpenuhi pin soket tidak sambung
a. water level elektrik artinya sinyal yang dikirimkan ke modul adalah nilai resistansi dari hasil tekana air.

Sedangkan menurut sambunganya water level ini ada 2 macam :
a. 2 kabel
b. 3 kabel

3. motor drain / retractor


Adalah komponen yang mempunyai 2 fungsi
a. menarik seal pembuangan sehingga air dari drum mesin cuci bisa keluar.
b. menarik tuas gearbox sehingga gear box berpindah putaran, yang mana pada saat mencuci yang berputar  adalah pulsator sedangkan saat proses pengeringan adalah dinding drum yang berputar.
motor drain ini terdiri dari 2 bagian motor dan mekanik,
kerusakan yang paling sering terjadi pada motor drain ini adalah pada bagian mekanik (tidak kuat menarik).

4. door switch


Adalah komponen berupa saklar on / off yang digerakan dari tutup mesin cuci, apabila tutup mesin cuci dalam kondisi tertutup maka door switch ini hubung dan apabila tutup mesin cuci ini dalam keadaan terbuka maka doorn switch ini tidak hubung.
door switch mesin cuci ini ada 2 jenis :
a. door switch mekanik seperti yang saya uraikan di atas.
b. door switch magnet yang hanya terdapat pada merek LG saja.

5. Dinamo / motor

Adalah komponen yang berfungsi sebagai penggerak mesin cuci, dinamo pada mesin cuci jenis top loading ini hanya memekai dinamo 1 buah, beda dengan mesin cuci 2 tabung dinamo ada 2 buah untuk pencuci dan pengering.
kerusakan dinamo pada jenis mesin cuci top loading ini sangat jarang terjadi.

Itu semua adalah komponen yang berhubungan pada saat pemasangan modul universal / multi, jadi apabila anda ingin mengganti modul mesin cuci anda yang rusak dengan modul universal maka anda harus mengetahui fungsi dan jalur kabel dari 4 komponen tersebut.

Berikut adalah wearing diagram modul universal / multi :


Demikian artikel tentang : Cara pasang modul universal mesin cuci  samsung WA90F4
semoga bermanfaat.

Berikut ini video tutorial step by step pemasangan modul universal pada mesin cuci samsung WA 90F4 :









18 Responses to "Cara pasang modul universal mesin cuci samsung WA90F4"

  1. Pak...
    Mesin cuci saya juga mengalami hal yang sama seperti diatas, type nya juga sama..
    Saya mau ganti ke modul universal, hanya saja di video kurang jelas pada penempatan pin yang bagian bawah didekat arus sumber listrik, mohon jika bisa tolong difotokan dan keterangan arah kabelnya biar lebih jelas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di video saya memang gak ada pin nya karna abis terbakar jadi tak sambung langsung, sebenarnya mudah kok tinggal cari soket yg ke bawah mesin dari 4 kebel itu menghubugkan ke :
      1. + motor drain
      2. + dinamo putar kanan
      3. + dinamo putar kiri
      4. - untuk suplly semua
      dicoba di kasih power langsung masing masing tiap 2 kabel nanti akan ketemu

      Delete
  2. Mohon infonya kira2 brapa harga modul universal dipasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa coba googling aja dg keyword "harga modul universal mesin cuci"

      Delete
  3. Mesin cuci sharp saya, pembuangan air selalu terbuka shg mesin tidak dapat difungsikan. kira-kira penyebabnya apa? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di sebabkan karna seal terganjal kotoran, atau modul rusak sehingga modul memberi perintah motor drain untuk bekerja yg belum waktunya bekerja, sehingga air keluar saat mencuci.
      yang seharusnya air keluar hanya saat proses spin

      Delete
  4. nak tanya, jalur tambahan dari sensor air itu hujungnya sambung ke mana? satu hujung sambung ke modul unversal, satu lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di video adalah mesin samsung, jadi samsung memakai sensor kabel 3.
      1 kabel tambahan di sambung ke modul yg soket sensor yang bagian tengah.
      mengapa di beri kabel tambahan? karna instalasi originalnya 1 kabel sensor sambung dengan 1 kabel door switch. sementara di instalasi modul universal kabel sensor tidak sambung dengan kabel door switch.

      Delete
  5. mau tanya dong mas, saya pakai mesin cuci 1 tabung sanyo asw85sb saat mencuci mesin normal tp saat bilas dan spin mesin tidak berputar hanya membuang air saja, kira kira rusak apa nya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di perhatikan saat air sudah keluar semua selang waktu 15 detik apakah ada suara dengung pada dinamo.
      kalau ada dengung, biasanya kaos kaki masuk ke sela sela tabung sehingga saat spin dinamo tidak kuat berputar
      tapi kalau tidak ada dengung kemungkinan terbesar modul anda rusak

      Delete
  6. Mw tanya, mesin cuci sy sama seperti agan perbaiki, puny sy airny gk mw kluar otomatis, kira2 ap yg rusak y? Brp biayanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan terbesar motor drain rusak, biaya service relatif tiap tukang tapi kalau saya bisanya 225rb jasa dan sparepart.

      Delete
  7. Pak mau tanya...mesin cuci saya samsung wa90f4...air tidak keluar dr kran dan air tidak bisa dibuang,apa kira2 yg rusak...kira2 biaya servis dan sparepart nya brp?

    ReplyDelete
  8. air tidak keluar dari kran/tidak masuk ke mesin cuci sering di sebabkan solenoid valve yang rusak tapi tidak menutup kemungkinan modul juga rusak atau ada kabel putus karena kok rusaknya bareng ama air gak keluar
    air tidak bisa buang sering di sebabkan motor drain tidak bisa menarik.
    estimasi biaya jasa dan spare part 275, gak tau kalau teknisi lain

    ReplyDelete
  9. Gan.. Kalau panggil admin yg service bisa nggk? Mesin cuci sy elextrolux pintu atas jg.. Tukang service seputaran rumah sypada nggk ngerti katany klo di suruh ganti modul universal, sy tinggal daerah rawamangun, kalau mau pakasi jada admin minta cpnya dong.. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan saya tinggalnya di lumajang, kayaknya terlalu jauh hehehehe....

      Delete
  10. Tidak bisa spin. Udah di balik untuk jalur putar kanan dan kiri tapi cuma buang air saja ketika spin. Kesalahan dimana

    ReplyDelete
  11. Buat agan" yang bingung cari tempat service modul mesin cuci di daerah masing", bisa service di INDOMODUL MESIN CUCI
    tks?

    ReplyDelete