Kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin sharp SJ-310M-BL

Kulkas 2 pintu bagian atas dingin bagian bawah tidak, ini adalah kerusakan yang paling sering terjadi pada kulkas jenis no frost / tanpa bunga es dari pada kerusakan seperti tidak dingin sama sekali atau bocor freon yang sering terjadi pada kulkas 1 pintu yang masih menerapkan sistem dirrect cooling.

Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang penyebab dan penanganan kerusakan seperti ini, saya ingin menjelaskan sedikit  perbedaan cara kerja kulkas 1pintu dan kulkas 2pintu

kulkas 1 pintu : rambatan suhu terjadi dari benda ke benda, artinga jka ada benda dingin menempel dengan benda tidak dingin, maka benda tidak dingin tersebut akan menjadi dingin.

kulkas 2 pintu : rambatan suhu terjadi karena ada sirkulasi udara, artinya  benda dingin tidak menempel pada benda yang tidak dingin tapi karena ada sirkulasi udara yang menghubungkan keduanya dalam ruangan yang tertutup maka benda tidak dingin tersebut akan ikut menjadi dingin.

kira kira seperti itu bahasa gampangnya.

Apa penyebab kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin? dan bagaimana cara memperbaikinya?
postingan saya kali ini akan menjelaskan tentang tutorial perbaikan kelistrikan pada kulkas 2 pintu yang meliputi penggantian timmer dan bimetal defros.

1. Pintu pada bagian bawah kurang rapat.
 a. Seringnya anda menaruh beban berat pada bagain pintu sehingga bodi bawah pintu anjlok.
 b. Karet pintu sudah tidak elestis karna usia kulkas yang sudah tua.
 c. Pintu kulkas bagian bawah kropos.

Solusi :
Jagalah selalu kebersihan kulkas dan hindari menaruh beban berat seperti botol minuman pada bagian pintu kulkas.

2. Saluran pembuangan air buntu atau kurang lancar.

Mungkin banyak dari anda yang tidak tahu kalau  saluran pembuangan yang tidak lancar saja bisa menyebabkan kulkas 2 pintu tidak dingin,
Saat waktu defrost (pencairan bunga es). Bunga es yang ada di dalam evaporator akan meleleh menjadi air ( sudah tidak beku lagi ) dan mengalir turun ke saluran pembungan air sampai waktu defrost selesai, apabila saluran pembuangan buntu atau kurang lancar air tidak akan habis terbuang sehingga masih tetap tergenanag pada tandon evaporator dan pada saat waktu defrost sudah selesai proses pendinginan dimulai (kompresor jalan) air yang tergenang tadi akan membeku lagi dan lama lama akan menumpuk sehingga menutupi kisi kisi evaporator yang menyebabkan saluran angin tersumbat oleh bunga es. Inilah yang menyebabkan bagian bawah kulkas  tidak bisa dingin karna saluran angin tertutup bunga es di evaporator.

Solusi :
Siram dengan selang air pada bagian evaporator sampai saluran pembungan air betut betul lancar
(bisa dilihat di tutorial video).
Menjaga kebersihkan kulkas adalah salah satu cara agar kulkas bisa awet tidak rusak.

3. Ada satu atau beberapa spare part yang rusak seperti: Fan, timmer, bimetal defrost, fuse, heater

Fungsi spare part dan cara pengecekannya adalah sebagai berikut :

Fan/kipas
Fan berfungsi  mensirkulkasikan udara di dalam kulkas ,udara di hisap dan dilewatakan ke evaporator kemudian di keluarkan, siklus ini akan berjalan terus menerus pada saat proses pendinginan (kompresor jalan)  dan berhenti saat waktu defrost (pencairan bunga es).
Fan ini juga berhenti pada saat pintu kulkas terbuka dan akan berputar lagi saat pintu kulkas tertutup
(hanya pada sebagian merek).

Cara pengecekan dengan membuka  bagian atas (bisa dilihat di tutorial video).
# putar daun kipas apakah seret atau tidak
# beri listrik langsung 220 volt pada 2 kabel fan tersebut
# apabila semuanya normal maka kerusakan bisa terjadi pada door switch (saklar pintu) yang terletak dekat pintu bagian kanan atau ada benda yang menonjol yang pada saat pintu di tutup akan mengenainya (door switch tersebut). tapi apabila  fan yang rusak anda bisa membelinya di toko yang jual spare part dengan membawa contohnya, karna jenis dari fan ini banyak macamnya.

Timmer defrost


Timmer berfungsi mengatur berapa lama waktu proses pendinginan (kompresor jalan)  dan berapa lama waktu proses defrost (pencairan bunga es).

Berdasar sistem kelistrikan timmer dibagi menjadi 2 :
 a. Timmer 1-3 artinya  coil (power supply) pada timmer ini adalah nomer 1dan 3
 b. Timmer 1-4 artinya  coil (power supply) pada timmer ini adalah nomer 1dan 4

Cara kerja timmer 1-3 :
Pada saat proses pendingin baru di mulai (kulkas baru dinyalakan) timmer ini langsung bekerja (berputar)  dan saat waktu defrost tercapai kira kira 8 jam setelahnya maka kompresor akan berhenti, Apabila suhu di dalam evaporator di bawah 5 drajat  bimetal defrost akan menutup (sambung) maka timer ini ini akan berhenti berputar dan heater akan bekerja,  kemudian setelah suhu naik di atas 5 drajat timmer akan berputar lagi TAPI kompresor masih berhenti sampai waktu timmer berpindah kontak dan kompresor jalan kembali.
Apabila suhu di dalam evaporator di atas 5 drajat bimetal defrost tetap membuka (tidak sambung) maka timmer ini akan tetap berputar sampai waktu timmer berpindah kontak dan kompresor jalan kembali.

Cara kerja timmer 1-4 :
Pada saat proses pendingin baru di mulai (kulkas baru dinyalakan) timmer ini tidak langsung bekerja (tidak berputar)  timmer ini akan berputar apabila suhu di dalam evaporator sudah di bawah 5 drajat (bimetal defros sudah sambung) dan saat waktu defrost tercapai kira kira 8 jam setelahnya maka kompresor akan berhenti,
Apabila suhu di dalam evaporator di bawah 5 drajat  bimetal defrost akan menutup (sambung) maka timer ini ini akan berhenti berputar dan heater akan bekerja,  kemudian setelah suhu naik di atas 5 drajat timmer akan berputar lagi TAPI kompresor masih berhenti sampai waktu timmer berpindah kontak dan kompresor bekerja kembali.
Apabila suhu di dalam evaporator di atas 5 drajat bimetal defrost tetap membuka (tidak sambung) maka timmer ini akan tetap berputar sampai waktu timmer berpindah kontak dan kompresor jalan kembali.
Timmer 1-4 ini hanya di pakai pada merek sharp.

Cara pengecekan : beri listrik 220 volt pada coil  dan posisikan timmer di defrost (ada tanda panah pada putaranya) rasakan ada getaranya dan lihat apakah roda giginya berputar, tunggu sampai 45 menit apabila timmer masih normal maka akan berpindah kontak listriknya.

Kesimpulan (timmer):
Lama waktu proses pendinginan (kompresor jalan) adalah tergantung pada bawaan timmer kulkas.
Lama waktu defrost (pencairan bunga es) adalah tergantung pada banyaknya banyaknya bloking es di dalam evaporator. semakin banyak bunga es di dalam evaporator maka akan semakin lama pula waktu defrost.
Bimetal defrost


Bimetal defrost berfungsi membaca suhu di dalam evaporator, apabila  suhu  di bawah -5 drajat dan saat  timmer di posisi defrost heater baru bisa nyala.
Cara pengecekan : dilihat tampak fisik apabila sudah ada air yang mesuk di dalamnya maka bisa di kategorikan rusak
Fuse (pengaman)


Fuse berfungsi mengamankan heater agar tidak sampai melelehkan bodi bagian dalam kulkas, ini bisa terjadi apabila bimetal defros tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Heater (pemanas)
Heater berfungsi mencairkan bunga es yang ada di evaporator.
Cara pengecekan : Apabila timmer masih bisa berputar maka heater dalam kondisi baik,karna rangkaian kelistrikan heater dengan timmer adalah di seri.

Berikut wearing diagram kelistrikan timmer 1-4



Demikian artikel tentang : Kulkas 2 pintu atas dingin bawah tidak sharp SJ-310M-BL
Semoga bermanfaat.










91 Responses to "Kulkas 2 pintu bagian bawah tidak dingin sharp SJ-310M-BL"

  1. Menjawab pertanyaan dari e-mail yang masuk

    salam hormat pak, saya ingin tanyakan jenis dan merek serta PK kompressor kulkas sharp SJ-310M-BL karena servis vonis komponen tersebut harus diganti dan berapa kisaran harganya....atas bantuannya di sampaikan terima kasih

    mohon maaf sebelumnya pak karna kesibukan yang padat saya gak pernah buka e-mail.
    1. kalau bapak mau mengganti kompresor kulkas dari tipe ini dan yang mengerjakan dari pihak dealer sharp, bapak cukup menyebut model dari kulkasnya karna mereka akan lebih tahu type dari kompresor untuk kulkas tersebut.
    2. Tapi kalao bapak memanggil tukang selain dari dealer, bapak tidak harus membeli kompresor dengan spec yang sama persis artinya merek apapun bisa asalkan sama ukuran PKnya dan pemakaian freonya.
    3. untuk jenis kompresor dari tipe kulkas ini bisa di pasang dengan ukuran 1/4 PK dengan freon R-134a, sedangkan merek bisa anda pilih sendiri karna banyak sekali macamnya seperti kultron, danfos, tecomshe, matsuhita, dll. tiap merek akan berbeda harga walaupun kapasitasnya sama, dan tiap merek dari kompresor juga mempunya kode-kode sendiri untuk specnya misal kapasitas berapa PK tegangan kerja 220 volt, jenis freon yg digunakan untuk kompresor.
    tapi kalau anda membeli cukup dengan mengetahui kapasitas kompresornya dan untuk jenis freon apa, karna toko sudah mempunya katalog dari tiap-tiap merek kompresor.
    semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Menjawab pertanyaan dari email :

    Pak, saya mempunyai kulkas 2 pintu merek Sanyo Tipe SR-LV239N kondisi mati. Apabila kabel power dicolok ke listrik akan terdengar bunyi dengung pada kompresor beberapa detik kemudian terdengar bunyi klik setelah itu bunyi dengung tsb mati. Apa kemungkinan yang rusak ? bagaimana cara memperbaikinya ? trm kasih sebelumnya.

    bunyi dengung artinya kompresor tidak bisa berputar, kemudian bunyi klik artinya overload kompresor bekerja memutus arus ke kompresor agar kompresor tidak rusak.

    penyebabnya ada 3 :

    1. listrik di tempat bapak kurang bagus artinya tegangan listriknya dibawah 200 volt yang harusnya 220 volt atau listriknya bagus tapi istalasi rumah bapak tidak bagus (ada sambungan kabel yang longgar). untuk mengetahuinya begini caranya secara awam.
    a. buka pintu kulkas bagian bawah perhatikan baik baik lampu kulkasnya
    b. nyalakan kulkasnya ( suruh orang lain )
    c. apakah lampu kulkas redup atau tidak atau sangat redup. kalau listrik di tempat bapak bagus lampu kulkas tidak akan redup.
    d. kalau redup coba kulkas dinyalakan di rumah tetangga. mungkin instalasi rumahnya gak beres.

    2. ada komponen di bagian bawah menempel pada bagian kompresor bernama PTC rellay
    bentuknya kotak berwarna hitam, kalau itu rusak kompresor tidak akan bisa berputar dan hanya menimbulkan suara dengung. untuk mengetahuinya bisa di lihat pada bagian belakang bawah kulkas. buka penutupnya yang dari plastik hitam, akan terlihat overload gepeng dan PTC rellay, kemudian congkel perlahan dengan obeng (-) atau taspen.

    3. kompresor kulkas bapak rusak, kalau yang ini tidak bisa dikerjakan sendiri karena membutuhkan keahlian yang khusus.

    ReplyDelete
  3. Pak saya mempunyai kulkas LG, kerusakannya yang keluar di dalam kulkas cuma angin aja tidak ada dinginnya sama sekali, walaupun sdh dihidupkan berjam-jam.... mohon bantuannya pak gimana cara memperbaikinya step by step.... sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyababnya banyak hal pak, tapi sedikit saya jelaskan begini. kalau cuma angin aja yg keluar artinya sirkulasi freon tidak jalan bisa di sebabkan karna kompresor tidak berputar atau bocor freon atau saluran kapiler buntu.
      step by step nya pengecekan untuk yg bukan ahli kira seperti ini:
      1. matikan kulkas terlebih dahulu kira2 1 jam
      2. nyalakan kulkas dan amati pada bagian kompresor jalan atau tidak, kalau kompresor jalan akan ada suaranya dan bodi pada bagian belakang kulkas panas (untuk merek LG). apabila kompresor jalan tp 10 menit bodi blkg kulkas tidak panas bisa di sebabkan karna :
      a. kompresor rusak (piston bocor) kompresor bisa berputar tapi tidak mempunya tekanan.
      b. ada kebocoran saluran freon ( jarang terjadi )
      c. saluran freon tersumbat/mampet pada filter dryer (juga jarang)

      apabila kompresor tidak jalan saat kulkas pertama kali dinyalakan bisa di cek dengan cara :

      a. saat pertama kulkas di nyalakan amati dengan seksama (anda berada di belakang kulkas), dengarkan dengan seksama ada suara dengung kecil pada kompresor dan selang waktu 1 menit akan ada suara ...TIK.... pada bagian kompresor itu artinya kompresor dapat strum tapi tidak bisa berputar, ini sering terjadi, cek pada bagian kompresornya sebelah samping kiri ada rilley bentuk kotak berwarna hitam, ini biasanya pecah pada bagian dalamnya.

      apabila kompresor tidak jalan dan tidak ada suara dengung sama sekali artinya timer tidak berjalan/berputar. tempatnya timer pada bagian belakang bawah kiri dekat kompresor di dalam plat seng, coba dibongkar kemudian di lihat roda giginya apakah berputar atau tidak atau di putar dengan obeng (-) untuk mencobanya.

      kira2 seperti itu untuk pengecekanya selamat mencoba step by step. apabila ada kendala silakan tanya lagi.

      Delete
  4. Problem saya sama,,cuman saya menggunakan merk samaung type RT30SCSS1/xse

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada prinsipnya cara kerja semua kulkas sama, coba bapak lakukan pengecekan seperti di atas.

      Delete
  5. oke pak.... TERIMA KASIH.... atas penjelasannya.... biar saya coba cek dahulu kulkas LG saya sesuai dengan petunjuk yang bapak kasih.....

    ReplyDelete
  6. Selamat malam pak....kulkas saya dulu tiba2 mati tidak dingin semua ( polytron 2 pintu) tp hidup lampunua.setelah saya putar timer bisa nyala tp bawah tidak dingin dan atas dingin tp tidak bisa beku.banyak bunga es.sampai dlm kumparan dlm.saya mau tanya saya harus gamti apa ya pak...

    ReplyDelete
  7. Tolong ksh penjelasan keluhan saya di kiriman atas pak.terima ksh

    ReplyDelete
  8. Tolong ksh penjelasan keluhan saya di kiriman atas pak.terima ksh

    ReplyDelete
  9. coba cek bagian defrostnya kemasukan air atau gak? kalau tidak ada air lebih baik tidak usah di ganti.
    coba cek timmernya (berputar atau tidak) posisikan waktu defros kemudian nyalakan dan tunggu sampai 1 jam apakah kontak timer bisa berpindah ( kompresor nyala)
    kalau bisa berpindah artinya normal.

    90 persen keluhan kulkas 2 pintu adalah bagian bawah tidak dingin dan tidak berarti harus ada sparepart yang di ganti. penyababnya sering karna seluran pembuangan kotor sehingga air tidak lancar.

    angkat kulkas keluar rumah, buka bagian evaporatornya dan semprot dg air sampai pembuangan betul betul lancar, semprot dari atas dan bawah.
    kalau mau memindahkan kulkas matikan dulu kulkasnya 1 jam baru di pindah.

    ReplyDelete
  10. Malam pak pak
    Saya ad masalah dengan sharp sj-235 md /fw 2 pintu. Yang baru saya beli tgl 13 mei bulan lalu.
    1. Kalau saya buat es batu terkadang cair sendiri waktu siang hari kdang sore hari. Kenapa itu pak ?
    2. Sya coba tanya distribut nya bilang nya tegangan listrik nya gk bagus sruh beli stabilizer. Saya belikan
    Jalur listrik kulkas sma mesin sanyo air auto satu aliran kontak listriknya jdi kadang lampu kadang redup. Apa pengaruh stabilizernya ke lemari es ?
    3.kenapa pak tiba tiba kulkas mati tapi masih ngeluarin udara dngin dan masih terdengar suara seperti kipas

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam pak,
      1, kalau es batu kadang cair sendiri artinya kompresor kulkas bapak kadang nyala kadang mati. mengapa?
      karana usia kulkas bapak yang masih baru maka kemungkinan besar masalahnya adalah tegangan listrik di rumah bapak tidak normal (terbukti dengan sering redupnya lampu)
      penyabab tegangan listrik tidak normal:
      a. ada sambungan insatalasi di rumah bapak yang longgar, bisa pada stop kontak atau sambungan atas plafon. atau kabel yang anda gunakan untuk instalasi rumag terlalu kecil (tidak standart)
      b. sambungan atas rumah dari jaringan PLN ke meteran rumah kendor pada konektornya (ini sering saya alami saat di panggil orang untuk service) .
      c. jaringan listrik di daerah bapak tidak bagus atau rumah anda jauh dari trafo sehingga tegangan listrik nyampe ke rumah anda di bawah 200 volt yang mana tegangan listrik normal adalah 220 volt. ini bisa di atasi dengan membeli stabilizer ( stavolt ) tapi kalau poin a dan b tidak bisa.
      2. stabilizer berfungsi menstabilkan tegangan listrik tetap di 220 volt, kalau membeli stabiliser beli yang bagus sekalian yg ada trafonya harga diatas 150rb, jangan membeli yg harga di bawah 100rb karna gak ada fungsinya
      3. di bagian atas kulkas memang ada kipasnya, dan kipas akan selalu jalan, karna kompresor yg mati biarpun kipas jalan kulkas tidak bisa dingin.

      saran saya.
      panggil PLN lewat call center 123 (GRATIS) untuk mengecek insatalasi sebelum meteran anda apakah konektor ada yang longgar.
      kalau PLN menyatakan listrik normal baru panggil instalatir (bayar) untuk mengecek instalasi di rumah bapak.

      Delete
  11. selamat malam pak,
    ada benarnya yang di katakan tukang service tsb. penyebab kulkas kurang dingin ada 3
    1. freon kurang artinya ada kebocoran pada sistem , bisa pada kondensor, evaporator atau sambungan pipa lainya
    2. saluran freon semi buntu/kurang lancar, biasanya terjadi pada filter dryer atau pipa kapiler.
    3. tekanan kompresor lemah, tekanan kompresor yang normal harus bisa mencapai 500 psi, kalao tekanan di bawah 400 psi maka kulkas akan lemot / lambat / kurang dingin.
    untuk mengetahui hal hal tsb harus dilakukan pengecekan dengan peralatan yg memadai seperti manifold, las, tang amper. karna pengecekan harus melepas pipa2 yang menghubungkan kompresor (membuang freon lama).

    tapi karena bapak orang yang awam tentang teknik pendingin, saya akan ajarkan sedikit cara mengecek kulkas bapak sebelum panggil tukang.
    1. matikan kukas minimal 24 jam. agar kulkas betul betul tidak dingin
    2. nyalakan kulkas, setelah 15 menit coba rasakan bodi kulkas (harus panas)
    kemudian sentuh filter dryernya juga harus panas,
    INGAT, filter dryer hanya panas saat kulkas baru dinyalakn tapi kalau kulkas sudah dingin filter dryer hanya hangat.

    kerusakan seperti ini sangat jarang terjadi pada 2 pintu, biasanya karna bloking es sehingga kulkas kurang dingin terutama bagian bawah. kalau bapak ingin menetahuinya, kulkas tidak dingin karena freon atau karena blokiing es gampang.
    matikan kulkas 3 hari. kemudian nyalakan dan buat es batu! kalau es batu bisa jadi besoknya artinya masalah freon normal, tapi setelah 1 minggu dinginya berkurang artinya ini bukan masalah freon tapi bloking es.

    ReplyDelete
  12. Mas mau tanya lg benar defros thermostat dlmnya ada air.krn soketnya patah kabel aku potong dan kupas terus ak sambung langsung.apa ini bisa pak.terima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada masalah kalau di sambung langsung, yang penting sambungan harus rapat dan kuat, kemudian di sulasi agar air tidak masuk ke sambungan. ini mencegah agar sambungan tidak ngefong

      Delete
  13. Terima ksh pak....tapi kok frezzer dingin bisa beku untuk es.tetap ada biang es dan berembun....sedangkan bawah mending ada angin tp sedikit....ini apanya ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bagian frezzer (pintu atas) pengaruhnya tidak terlalu signifikan jika terjadi bloking es, beda dg yang bagian bawah karna sirkulasi angin ke bawah tidak lebih 30 persen sementara yang atas 70 persen.

      di baca jawaban saya di atas dengan baik dan di pahami dengan seksama, step by step di praktekan.
      kalau anda bisa memahami artikel dan jawaban saya dg seksama, insaalloh permasalahan anda akan terselasaikan. trus kalau bertanya buat tulisan yang mudah dibaca dan difahami agar saya bisa memberikan jawaban yang sesuai dan jangan malas mengetik tulisan yang panjang MENGAPA????. karna saya juga tidak malas memberikan jawaban yang sekiranya bisa di fahami oleh si penanya, walaupun dengan kalimat yang panjang.

      di blog lain gak ada sumber yang membeberkan ilmunya sedemikian lebar HANYA UNTUK BERBAGI.....

      Delete
  14. Terima kasih banyak pak untk saran nya
    Mau tanya mksud stabiliezer yg ada trafo nya . Ap ya pak ?
    Oia menurut bapak stabilizer dri toyosaki svc - 1000 bagus atau tidak ya ??
    Terimakasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh... saya kurang tahu kalau merek tersebut pak,
      intinya stabilizer yg baik itu yang ada trafo gerak cirinya kalau awal di colokin atau ada penurun tegangan bunyi krek... krek ... gatu.

      Delete
  15. Alhamdulillah pak, kalau sudah 1 minggu dinginya mulai berkurang dari bawah dulu biasanya mulai kurang dinginya kemudian freezzernya lambat jadi es batu dan kemudian tidak jadi es batu. artinya ada permasalahan pada kelistrikan kulkas (bukan masalah freon)
    yaitu masalh sistem defros ( pencairan bunga es ) yang tidak jalan.

    ReplyDelete
  16. Pak kulkas saya 2 pintu kompresornya tiap 8 jam mati dan gak mau hidup lagi kecuali saya putar timernya baru mau hidup , apa yg rusak ya ?

    ReplyDelete
  17. ada 2 kemungkinan penyebabnya :
    1. timer rusak artinya dia bisa berputar tapi pas saat akan berpindah kontak dia tidak kuat berputar (macet) biasanya macet di posisi defros (kompresor berhenti)
    setelah bapak putar maka timer akan berpindah dari posisi defros (kompresor mati) ke posisi RUN (kompresor jalan) maka kulkas akan dingin lagi.
    2. bimetal defros rusak artinya dia bisa menutup tapi tidak bisa membuka.
    pada saat evaporator dingin bimetal defros akan menutup (hubung) dan saat timer di posisi defros, maka timer akan berhenti berputar selama bimetal menutup.
    timer akan jalan lagi setelah bimetal membuka.
    karna bimetal tidak kunjung membuka maka timerpun juga tidak berputar, ya otomatis kulkas tidak dingin karna kompresor tidak jalan.

    solusi:
    ganti bimetal defros nya dulu (karna murah) tunggu 3 hari kalau masih rewel ganti timernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Andy mo tny brp hrg timers dan bimetal defros untuk kulkas lg, th 2009

      Delete
  18. Om, kalau bunyi berisik seperti kipas menyentuh benda plastik dan tidak dingin maksimal bgmn ?
    bagaimana melepas dinding belakang (untuk cek bunyi yang timbul) pada kulkas 2 pintu.
    terima kasih sebelum dan sesudahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kulkas merek apa? karna tiap merek akan beda cara bongkarnya, tp intinya saat bongkar kipas kulkas harus kondisi sudah berhenti lama, ini dimaksudkan agar bloking es sudah cair sehingga plastik atau steroufom tidak lengket.
      bunyi berisik biasanya di sebabkan karna daun kipas bersentuhan dg bunga es di dalam evaporator.

      Delete
  19. Menjawab pertanyaan email :
    Assalamu alaikum
    Pak sy mau tanya kulkas sy lg 2 pintu pintu 1 buat es batu ok, pintu 2 nya g dingin tp klo dicabut listriknya didiamkan beberapa jam pas dinyalakan akan dingin lg dan lama2 gbdingin lg kira2 apanya yg perlu sy ganti y pak,terima kasih

    ada 2 penyabab.
    1. dari sistem defros yang tidak jalan. ada 1 atau beberapa spare part yang rusak seperti timmer, bimetal defros, heater. tutorialnya sudah ada di kolom komentar pak, mungkin bisa di baca dan dipahami dulu.
    biasanya kulkas akan dingin lagi setelah dimatikan di atas 12 jam

    2.masalah freon. setelah dinyalakan dan freon sirkulkasi akan terjadi penyumbatan di filter dryer atau pipa kapiler.
    biasanya kulkas akan dingin lagi setelaha dimatikan 1 jam

    ReplyDelete
  20. fan berputar pasti bareng sama kompresor jalan, jadi kalau kompresor jalan maka fan juga HARUS jalan, karna jalur fan jadi satu ama kompresor cuman lewat door switc dulu. kecuali untuk kulkas yg memakai modul jalurnya sendiri sendiri karna digerakan rellay seperti kompresor, fan dan heater
    coba bapak perhatikan wearing diagram nya biasanya ada di bagian belakang kulkas. lihat jalur kabel fan nya kemana.

    ReplyDelete
  21. Selamat Malam..
    Kulkas saya 2 pintu..
    Pintu atas (Freezer) Normal
    Kulkas bagian bawah beberapa hari kemarin tiba2 dinginnya jadi sangat dingin, smapai2 beberapa makanan dibawah membeku.. saya sudah coba memutar dari COLDER menjadi COLD tetapi tidak berubah..
    Dan tiba2 hari ini tidak ada hawa dingiin samasekali mengalir kebawah..
    dan alhasil kulkas bawah tidak dingin..
    Sudah pernah sy service dan ganti Bimetal defrost.. dan yang seperti tabung kaca krn pecah..

    Sekarang apa yg harus saya lakukan..?
    Komponen apa saja yng seharusnya sya cek dengan kondisi ini..?
    Lokasi saya di TMII, adakah referensi service kulkas yang recomended sekitar TMII..?

    Terimakasih salam
    Ardias
    ardias44@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pertama di cek adalah
      1. air pembuangan harus lancar.
      2. timer harus berputar dan bisa berpindah kontak
      3. baru pengecekan bimetal defros dan haeter (part yang pernah di ganti)

      saya gak punya recomended service daerak sana pak.

      Delete
  22. Assalamualaikum mas...terima ksh kulkas saya dah bagus.tapi kenapa bagian bawah tidak bisa dingin maksimal ya mas,walau ak stel ke super cool tetap sama.dan kalo pintu di buka baik atas maupun bawah fan tetap berputar...kulkas saya polytron tipe PR 211SMI

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan di taruh super cool, justru akan mempercepat bloking es sehingga bagian bawah kurang dingin. taruh pada suhu yang paling tidak dingin (cold) bukan colder.

      Delete
  23. Selamat Malam Om Andik SY

    Kulkas Saya (2pintu samsung) tadi nya mati pada fan nya,sy check arus kipas ada,sy kasih arus langsung 220V berputar,sy check modul,relay untuk arus ke kipas tidak ada,sementara sy langsungin kipasnya,jadi kalo di buka pintunya kipas tetap ON,yg sy tanyakan apakah bermasalah jika kipas sya langsungin (ON Terus),terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada masalah dengan catatan kerjanya bareng kompresor (waktu defros berhenti), jadi jalurnya di pararel aja dengan jalur kompresor.
      malah banyakan kulkas yg seperti itu dari pada yang ikut door switch.

      Delete
  24. selamat mlm Pak

    saya baru beli kulkas sharp sj 235MD, dua pintu.
    permasalahanya:
    ruang pintu atas bekerja baik mau dingin, tapi ruangpintu bawah tdk mau dingin... dan hembusan angin juga kecil walau pengatur frezer temp. posis min serta pengatur refrigrator temp. posisi max.
    mohon bantuanya ....trimakasih.
    cahjalu@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan terjadi bloking es di evaporator. sehingga angin tidak bisa sirkulasi maximal ke bawah akhirnya kulkas tidak dingin di bagian bawah.
      coba kulkas dimatikan 3 hari kemudian lihat pembuanganya apakah penuh dengan air. setelah 3 hari nyalakan kulkas lagi kalau hari pertama normal (bawah dingin) dan hari ke 4 bawah gak dingin maka positif permasalahanya adalah bloking es.

      Delete
  25. Selamat malam, kulkas saya 2 pu tu merek lg, selamat 4 jam bag bawah tidak tertutup sempurna, dan kulkas bag bawah tidak dingin..kemudia kulkas saya matikan dan nyalakan kembali, kok tidak ada suara dengung seperti biasanya dan kulkas tidak dingin...mungkin bisa dijelaskan sokusinya...tomas r s

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dinyalakan terus sampai 2 jam, mungkin posisi timer pada posisi defros (mesin off). kalau 2 jam tidak ada suara artinya timer rusak untuk tahu pastinya bisa di putar timernya pada bagian belakang bawah kiri kulkas.

      Delete
  26. makasih ilmunya semoga jadi amal jariyah

    ReplyDelete
  27. Mlem gan ...maaf mau tanya ni kulkasqu 2 pintu td yg bawah tidak dingin dan kipas dfreser msih hidup .qu buka tryata lobangya anginya trtutup gumpalan es...dan stelah gumpalan es meleleh bersih pocici defros brdiri qu rubah balik dan qu pasang kembali smuanya yg jd masalah setelah tak colokan bisa dingin atas bawah gan tp kipas yg atas tidak mau berputar......minta tolong solusinya gan?;????

    ReplyDelete
  28. Selamat pagi mas, kulkas saya polytron 2 pintu,bagian atas dingin bagian bawah ga dingin,sudah diservis sm tukang nya yang diganti bimetal nya, tapi kok sampai saat ini bagian bawah kok masih belum dingin juga ya mas,mohon infonya mas...

    ReplyDelete
  29. Selamat pagi mas, kulkas saya polytron 2 pintu,bagian atas dingin bagian bawah ga dingin,sudah diservis sm tukang nya yang diganti bimetal nya, tapi kok sampai saat ini bagian bawah kok masih belum dingin juga ya mas,mohon infonya mas...

    ReplyDelete
  30. Mohon maaf apabila ada pertanyaan yang belum sempat terjawab, karna padatnya aktifitas sehingga ga sempat on line.

    setu iswanto : saya kira dengan mengubah posisi defros tidak akan berpengaruh pada putaran kipas cuman masalahnya mungkin pas bongkar bagian dalam ada kabel yg tertarik sehingga lepas.

    ayu wd : coba kulkasnya di matikan minimal 24 jam, trus dinyalakan kalau atas bawah bisa dingin artinya permasalahan pada sistem defros (pencairan) tapi kalao abis dimatikan trus dinyalakan bagian bawah tetap gak dingin artinya permasalahn pada freonnya. kalau kulkas polytron yang sering rusak pada heater kaca (pecah).
    NB : sebelum panggil tukang service sebaiknya buat kesepakatan dulu, harga dan lama garansi yg di berikan. jadi kalau ada apa apa nya kan enak nanti bisa di komplinkan.

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum wr wb
    Pak saya mau tanya kulkas saya
    polytron belleza 2 pintu.
    Kondisi pintu atas normal tetep dingin, pintu 2 ( bawah ) sehabis lampu mati kok gak dingin ya pak. Padahal sudah lama, gak dingin-dingin . Mohon di bantu pak, minta tolong solusinya bagaimana, kendalanya dibagian mananya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam,
      1 saluran pembungan air kurang lancar atau buntu sehingga pada saat kulkas off air tidak bisa keluar semua dari tandon evaporator. karna masih ada sisa air maka saat kulkas running maka air tersebut (di dalam tandon evap) lama lama akan membeku dan menumpuk sehingga menghalangi sirkulasi angin kebawah.
      solusi : coba bapak siram air seperti di video kalau tidak ada spare part yang rusak insaalloh kulkas normal lagi.
      2. pada merek polytron sering terjadi kerusakan pada heater (pecah) yang letaknya pada tandon evaporator. fungsi heater ini untuk mencairkan es pada tandon pembuangan.

      Delete
  32. Mas klo kulkas compresor hidup tpi tidak dingin apa ny y mas. .. Fan ny normal & tidak ada kebocoran. . Kulkas LG 2pintu non salju

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan kurang jelas, kemungkinan permaslahan pada freon (bukan defros seperti di artikel)

      Delete
  33. Sore mas andik...
    Kulkas saya toshiba 2 pintu... beberapa hari trakhir ini yg bagian bawah sering berembun,pas sya cek ternyata pintu krg menutup sempurna karena di bagian engsel bagian bawah itu body ny hancur karna dl pake tatakan kulkas itu dan kemungkinan ga rata.
    Pertanyaan sya gmn cara gnti engsel ny ya mas?ap klo ud diganti bs rapet lagi?soalny kan body bawah buat tempat engselny itu udah hancur.
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore mbak indi....
      kalau saya biasanya saya buatkan plat(0.8mm) lagi kemudian saya lubangi (untuk as bawah pintu 10 mm) trus saya rivet ke bodi kulkas bagian bawah yang kropos tadi.
      setelah di ganti bisa rapat lagi asal karet pintu kulkas masih bagus.

      Delete
  34. malem mas,, saya mau tanya mengenai styrofoam yg ada di kulkas samsung 2 pintu (styrofoam pintu atas) sudah pada rusak bekas dibuka, jika saya buang apakah pengaruhnya..? jika ingin memebeli yg baru apakah ada yg menjual di toko sparepart ac/kulkas..?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. styrofoam berfungsi mengatur arah angin, kalau gak ada itu tentu kulkas tidak akan bisa berfungsi maximal, malahan akan terjadi bloking es di evaporator.
      yang saya tahu selama ini gak pernah ada toko sparepart yang menjual styrofoam , bisa coba di dealernya mungkin ada.

      Delete
  35. mas saya mau tanya mengenai kulkas samsung 2 pintu...
    wkt itu kulkas saya rusak dan sudah di perbaiki oleh teknisi tetapi setelah di perbaiki unt tempat freezernya jadi tidak bisa beku jika bikin es, yg saya tau timernya sudah diganti dan juga sudah ditambahkan freon oleh teknisi tersebut. Tapi sampai sekarang jika ingin membuat es selalu tidak bisa sampai beku (hny dingin saja) padahal saya cek karet di pintu yg freezernya masih bagus dan rapat
    1. kira² apa penyebabnya dan bgmn solusinya
    2. berapa biasanya tekanan freon untuk kulkas terimakasih

    ReplyDelete
  36. kulkas tidak bisa beku biasanya disebabkan karna freon kurang atau tekanan kompresor yang sudah lemah (dibawah 350 psi) hanya dingin saja.
    sebelum panggil tukang service perjanjianya gimana?
    a. kerusakan nya apa?
    b berapa lama waktu garansi setelah di service.
    c item apa saja yang di garansi.
    kalau solusi saya sih panggil lagi tukang servicenya.

    dan perlu di ketahui bahwa permasalahan freon (isi freon)pada kulkas 2 pintu sangat jarang sekali terjadi (paling hanya 10 persen) yang rusak adalah masalah kelistrikan yaitu atas dingin bawah tidak (defros/pencairan tidak bisa berfungsi).
    dan tidak ada istilah tambah freon pada kulkas, kalau isi freon BETUL. mengapa?
    di instalasi kulkas tidak pakai nepel seperti di AC. jadi kalau mau isi freon harus bongkar dulu untuk membuat nepel. kalau bongkar otomatis freon yang lama hilang.

    tekanan freon pada kulkas 10-15 psi

    ReplyDelete
  37. Sebelumnya kulkas saya mati, stelah itu saya ganti bimetal defrost juga timer, kulkas menyala tapi tidak on off seperti biasa, jadi bungan es menumpuk

    Saya juga sudah mencoba mengganti thermostat control yg ada di freezer tapi hasilnya masih sama...

    Kira2 apa yg salah, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah di ganti semua tinggal 1 kemungkinanya yaitu heater putus.
      apabila heater putus maka timer tidak jalan.
      apabila timer tidak jalan maka akan terjadi bloking es
      apabila terjadi bloking es maka suhu tidak bisa tercapai dan thermostat tidak akan bekerja.
      ARTINYA KULKAS TIDAK BISA ON/OFF
      merek apa kulkasnya? kalau heater putus atau pecah paling sering terjadi di polytron.

      Delete
  38. Terimakasih fastrespon nya mas...

    Merk kulkas sharp SJN300GY..memang udah sangat lawas, udah lebih 16 tahun kira2

    Kira heater nya harganya berapa ya..

    Sebelumnya Terimakasih banyak..

    ReplyDelete
  39. Terimakasih fastrespon nya mas...

    Merk kulkas sharp SJN300GY..memang udah sangat lawas, udah lebih 16 tahun kira2

    Kira heater nya harganya berapa ya..

    Sebelumnya Terimakasih banyak..

    ReplyDelete
  40. Akses ke heater bagaimana ya? Soalnya letaknya dibawah evaporator yang sepertinya tidak bisa bergeser...

    Bentuk kulkas dan evaporator sangat mirip dengan video mas Andik..

    ReplyDelete
  41. Akses ke heater bagaimana ya? Soalnya letaknya dibawah evaporator yang sepertinya tidak bisa bergeser...

    Bentuk kulkas dan evaporator sangat mirip dengan video mas Andik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf blm sempat balas karna aktifitas yg padat.
      untuk mengganti heater memang pekerjaan penggantian sparepart tersulit dari yang lainya, jadi evap harus di angkat dengan sangat hati hati, cara mengankatnya harus di sesuaikan dengan jalur pipanya karna pasti akan ada pipa yg tertekan (bengkok sedikit).
      intinya jangan membengkokan pipa pada sambungan pipa almunium yang ketemu tembaga karna bisa retak dan bocor.

      Delete
  42. ASS,mas bagaimana menentukan diameter bagian dalam dan panjang pipa kapiler apabila kita hendak mengganti pipa kapiler lama yang buntu pada kulkas satu pintu maupun 2 pintu karena sya tidak tau mengukur diameter kapiler lamanya.apakah ada rumusnya,karena beda sedikit saja diameter dan panjang kapilernya maka dinginnya juga kurang maksimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau secara teori memang ada hitunganya, berhubung saya gak pernah sekolah jurusan pendingin dan besic saya elektro, maka untuk menentukan panjang dan diameter kapiler saya biasa contek dari produk yg sudah ada.
      misal untuk 1 pintu saya pakai 0,26 mm dgn panjang 2 meter.

      Delete
  43. Malam pak,kulkasku sharp sj-f201s-rd 2pintu,keluhannya kipas tetap berputar tapi uap dingin gk keluar jdiny es cair ,tk coba mtiin stop kontak trus tk nylain lagi bsa keluar uap dinginny es bsa beku,tapi beberpa jm kemudian uap es udh gk keluar lagi,kira2 kerusakannya ap?solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam pak, itu kemungkinan terjadi bloking es di evaporator, coba bapak ikuti petunjuk yang ada di video. di siram dan pastikan air yang keluar di saluran pembuangan LANCAR....
      nyalakan dan tunggu sampai 4 hari kalau masih bermasalah berarti ada spare part yang rusak...

      Delete
  44. selamat pgi gan ..

    saya mau tanya ,kulkas saya sanyo SR LV239N itu kadang tidak dingin ,setelah di putar2 temperaturnya bisa dingin lagi ,tapi sekarang kompresornya nyala terus ,biasnya ada stantby ..
    dan kompresornya panas ,apakah itu normal ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kemungkinan termostatnya yang rusak gan, kerusakan termostat juga bermacam macam :
      1. tidak bisa membaca suhu dimana suhu sudah tercapai dan harusnya kompresor off tapi tetap saja kompresor running.
      2. termostat bisa off saat suhu sudah tercapai tapi tidak bisa nyala lagi otomatis, tapi dengan bantuan diputar tangan termostat nyala lagi.
      3. termostat tidak hubung artinya kompresor off dan kulkas tidak dingin sama sekali.
      kalau masalah kompreosr yang panas itu memang wajar saat kompresor running.

      Delete
    2. Terima kasih gan infonya..
      Tak beli thermostat nya dulu..
      Makasih :)

      Delete
  45. Mas, fan kulkas mati harus diganti ya?? Di keramik fan seperti pecah trus keluar gelembung gosong

    ReplyDelete
  46. Mas , kulkas 2pintu z merk Lg ,, ketika di nyalakakan kulkasx pembatas pada kilometer lampunya turun ,,, z mencoba melepas timmerx dan di colokkan kembali dan pembatasx tidak turun , z mencoba lagi memasang timmerx dan di colokkan kembali tapi tetap pembatas lampunya turun lagi, kira2 kerusakannya ada pada bagian apanya mas mohon di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat pertanyaan, buat kalimat yg bisa dibaca dan di pahami (z)

      Delete
  47. assalamualaikum mas. kulkas saya samsung 2 pintu. pintu atas dingin normal. pintu bawah, awal nya dingin normal tapi ada air netes dari bagian atasnya, lama2 makin banyak air yg menetes dan sekarang tidak dingin sama sekali. pintu atas/freezer nya tetap normal, tapi pintu bawahnya sudah gak dingin, dan air menetes dr bagian atasnya. kira2 langkah apa yg harus saya lakukan ya mas, untuk pengecekan apa yg rusak??
    terima kasih sebelumnya.
    wassalamualaikum.

    ReplyDelete
  48. dapat info dr web lain. semoga bisa bantu yg lain.

    http://wisnusantoso1.blogspot.in/2012/09/problem-kulkas-no-frost.html

    ReplyDelete
  49. Mas maaf saya mau tanya.sy punya kulkas merk samsung 1 pintu.seminggu yg lalu lampu kamar mandi saya konslet.tp sama istri sy di nyalakan.lalu terjadi pemutusan arus listrik.lalu saya nyalakan lg listriknya.tapi setelah itu saya cek kulkas saya mati.lampu tetap menyala.tapi tidak ada suara sama sekali dr kompresornya.kira2 permasalahannya dimana ya pak??apa betul harus ganti kompresor

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kulkas dimatikan dulu 2 jam, setelah itu dinyalakan lagi. pas awal menancapkan ke listrik. perhatikan bagian kompresor ada suara dengung atau tidak. kalau ada tapi kompresor tidak nyala artinya ptc rilley biasanya rusak
      tapi kalao tidak ada dengung sama sekali artinya thermostat (pengatur suhu putus). lebih jelasnya cara mengecek kompresor yang mati total lihat disini

      Delete
  50. pak maaf mau tanya di kulkas toshiba 2 pintu itu ada timer dan di timer itu ada semacam setelan itu timer bisa disetel atau ada fungsi lain? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bukan setelan pak, tapi timer bisa di putar (berlawanan jarum jam untuk toshiba) secara menual untuk memposisikan waktu defros. timer berputar 360 drajat berlawanan arah jarum jam. ada 1 drajat untuk waktu defros.
      timer bekerja (berputar) apabila mendapat suplly power 220 volt. timer akan berputar terus saat kulkas nyala dan berhenti saat waktu defros (tapi kondisi evap dibawah -5 drajat) kalau suhu evap di atas - 5 drajat timer tetap berputar.

      Delete
  51. Pak mau tanya kulkas saya 2 pintu merk shap yg bawah tidak dingin trus ada kabel macam lepas itu kabel apa ya....apa gara2 itu jd ngak dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kulkas kabel ya banyak. kabelnya dimana? warna apa? saya juga gak tahu gimana mau jawab

      Delete
  52. Mas kl hrg bimetal deforst (375rb) dan timer (225rb) itu bnr gak ya, untuk kulkas merk LG

    ReplyDelete
  53. Mas mau tanya kan kulkas saya tertusuk pisau dan freonya keluar semua, setelah d tambal kok ad yg bunyi seperti mesin wos-wos dan baru di nyalahkn sehari setlah pnambalan kok gak dingin ya makasih

    ReplyDelete
  54. Mas mau nanya.saya baru beli kulkas sharp 2 pintu.nah pintu atasnya dingin (freezer) tpi pintu bawahnya kok saya merasa kurang dingin ya.sebelumnya kulkas itu sempat terjatuh ke lantai.apakah ada pengaruhnya ke mesin kulkas itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kulkasnya baru kok gak mungkin kalau bawah gak dingin. mungkin setelan angin angin yang ke bawah kurang di buka. coba dilihat di bagian frezzer nya disitu ada setelan geser untuk mengatur/membagi angin ke atas dan bawah.

      Delete
  55. Om mau tanya,kulkas saya mrk sharp 2 pintu,ada kendala kaló di colok semalaman frezer bisa membeku,tapi besok paginya mencair lagi.saya cabut 1 jam dán colok kembali dinding luar kulkas láma sekali hangat,pertanyaan sya apa kendalanya más? Terimakasih atas bantuanya

    ReplyDelete
  56. Mlm mas.maaf mau nanyak dikit nimas.saya punya kulkas samsung digital inverter 2 pintu.kamren rusak gk mau dingin.di ganti pipa preonya ama tambah preon alhamdulilah bagus udah normal lg kayak biasa. Tpi semingu setelah itu ngulah lg mas penyakitnya gk mau dingin lg frezernya pun gk mau beku lagi. saya pangil lg teknisinya setelah di priksa katanya kelistrikan yg rusak yg posisinya di belakang kulkas pojok atas.yg mau saya tanyakan apa bener yg itu yg rusak.sedangkan lampu di dalam tetap nyala seperti biasa.terima kasih sebelumnya mas...

    ReplyDelete
  57. Pagi Mas..maaf mohon bantuannya,saya punya kulkas Toshiba 2 pintu defrost (tanpa bunga es) bagian bawah tidak dingin dan bagian atas kadang2 beku kadang2 mencair.kipas macet kadang2 berputar kadang2 tidak..
    setelah dicek sama tukang service harus ganti mesin fannya,,tp setelah diganti kenapa masih saja bagian bawah tidak dingin dan bagian atas lama untuk bisa membuat es ( beku )..
    Mohon pencerahannya mas..terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  58. Pak saya punya kulkas sharp 2 pintu, bagian bawahnya tidak dingin setelah saya bongkar evaporatornya ternyata kipasnya tidak bergerak terhalang oleh tumpukan es,, setelah es nya saya cairkan, kipasnya mulai berputar dan kulkas bagian bawah mulai dingin,, namun ketika menutup evaporator styroform dekat heater ada bekas terbakar, apakah heaternya rusak pak?? Saya ingin mengangkat heaternya namun sulit, bagaiman cara mengecek heaternya masih bagus atau tidak??

    ReplyDelete