Cara memperbaiki freezer kulkas tertusuk pisau

Freezer kulkas tertusuk benda tajam seperti pisau, obeng, garpu, sendok adalah kerusakan yang di sebabkan karena salah penggunaan, orang biasanya tergesa gesa ingin mengambil es batu  di dalam freezer kulkas, sementara kondisi es batu yang lengket terhadap  evaporator kulkas menyababkan kekuatan tangan tidak bisa untuk mengambilnya dan ujung ujungnya es batu tersebut di congkel dengan pisau.

Apa yang harus anda lakukan saat freezer kulkas anda tertusuk pisau?

1. matikan kulkas dengan cara mencabut steker listriknya.
2. Bersihkan sisa air atau es batu yang mesih menempel pada dinding dinding freezer kulkas sampai bersih dan kering.
3. jangan sekali kali menyalakan kulkas lagi saat masih banyak air di dalam freezer.

Bagaimana cara memperbaiki freezer kulkas yang tertusuk ujung pisau?

mungkin ini agak sulit di kerjakan bagi sebagian orang yang kurang faham dengan dunia teknik pendingin, tapi paling tidak saya bisa sedikit memberi pemahaman kepada anda tentang bagaimana cara memperbaiki freezer kulkas yang tertusuk benda tajam, apabila suatu saat anda memanggil teknisi ke rumah anda.

1. Mengganti evaporator (freezer kulkas) yang tertusuk ujung pisau tadi.
Mengapa harus diganti?
a. Lubang yang tertusuk berukuran lebar melebihi 5 mm atau seukuran ujung obeng (-) dan pada jalur tunggal sehingga tidak mungkin di lakukan penembelan.
b Lubang yang tertusuk tembus pada freezer nya sehingga tidak memungkinkan di lakukan penembelan.
c. Kulkas terlalu lama di diamakan (tidak langsung di service), dari pengalaman service saya selama ini apabila kulkas rusak karena bocor evaporator melebihi 1 bulan maka evaporator tersebut akan kropos (artinya apabila dilakukan penembelan di titik A maka di titik B akan ikut bocor)

2. Menembel evaporator (freezer kulkas) yang tertusuk ujung pisau tadi.
Ada 2 metode penembelan berdasarkan bahan yang dipakai :
a. menembel dengan menggunakan lem hijau ( Lem berwarna hijau yang memeng khusus untuk menembel evaporator yang bocor) bentuknya seperti kapur tulis.
Penembelan dengan metode seperti ini lebih mudah di lakukan karna evaporator tidak perlu di turunkan, dan untuk memperkuatnya bisanya saya tambahkan lem alteco dengan bedak.
b, menembel dengan menggunakan pakan kawat las aluminium.
Penembelan dengan metode ini lebih kuat tapi pengerjaanya cukup sulit, karna evaporator harus betul betul bersih tidak ada sisa oil yang tersimpan di saluran evaporator dan untuk memebersihkan sisa oil atau air maka evaporator harus di turunkan untuk di blasing(semprot dengan freon)

3. Mengganti oil kompresor.
Oil kompresor harus di ganti apabila ada air yang tercampur di dalamnya, tapi apabila tidak ada air yang tercampur anda bisa memakainya lagi selama oil tersebut masih jernih dan bersih.

4. Mengganti filter kapiler,
Pada proses pengisian ulang gas freon entah itu di sebabkan ada kobocoran pipa atau kerusakan mesin selayaknya filter kapiler di ganti.

5. Melakukan proses pengisian gas freon.
Saya tidak akan menjelaskan detailnya karna bisa anda lihat sendiri di tutorial video di bawah.

6. Melakukan penyegelan pada pipa pengisian.
Mengapa harus  dilakukan   penyegelan? karena tekanan gas freon pada kulkas sangatlah kecil
(10-15)psi maka apabila kekurangan sedikit saja pada gas freon maka efeknya terasa pada tingkat kedinginanya beda dengan AC yang tekanan gas freonya tinggi dan ada pipa pengisianya.

Level kerusakan akibat freezer kulkas terkena benda tajam :

1, Parah, apabila posisi bocor pada bagian atas yang  menyebabkan air masih mengantong  sehingga ada kemungkinan air akan tersedot ke dalam sistem. dan akan lebih parah lagi apabila kulkas tidak di matikan.
2. Sedang, apabila posisi bocor pada bagian samping.
3. Ringan, apabila posisi bocor pada bagian bawah.

Demikian artikel saya tentang : Cara memperbaiki freezer kulkas tertusuk pisau

Baca juga : Cara memperbaiki freezer box yang dingin sebagian

Semoga bermanfaat,








53 Responses to "Cara memperbaiki freezer kulkas tertusuk pisau"

  1. Replies
    1. kalau di tempat saya antara 250 - 290 mas,
      harga di atas adalah biaya jasa service (menembel evaporator), pengisian freon, penggantian filter dryer dan penggantian oil kompresor.
      beda lagi apabila kecukitnya tidak bisa di tembel dan harus mengganti evaporator atau mengganti kompresor rusak karna tetap dinyalakan setelah kecukit.

      Delete
  2. Mas klo pengisian freon R600a kulkas merk samsung digital invester sama pengelasan pipa yang bocor karna kulkas tidak mau dingin apa biayanya sampek 600 Ribuan mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira tiap daerah tidak akan sama tiap biaya service nya,
      kalau di tempat saya pengisian freon baik R600a atau R314a dan penggantian filter dryer untuk kulkas 1 pintu 200-250 dan untuk 2 pintu 250-300.
      mungkin yang dimaksud harga 600rb itu sama panggantian kompresor.

      Delete
  3. Mas, kalau evaporatornya langsung diganti, apa harus bongkar2 mesin di belakang kayak di video itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kasusunya kecukit, kompresor harus di lihat oil nya untuk memastikan apakan tidak ada air di dalam kompresor.
      biarpun evaporatornya di ganti baru kalau kompresor sudah ada air yang masuk, maka kulkas tidak akan bertahan lama.

      Delete
  4. Maaf pertanyaan saya agak melenceng mas. ceritanya frezer box saya bagian pipa alumunium yang melingkari dinding frezer box diganti dengan pipa tembaga kemudian di lapis dengan seng. sayang tukang service bingung cara nempelin seng nya biar melekat di dinding frezer. alhasil frezer box saya cuma dingin aja ga bisa beku karena ada rongga antara pipa tembaga dengan dinding tsb. kira2 di lem pake apa mas biar seng nya bisa nempel dinding shg bisa beku lagi freezer box saya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya gak pernah ngerjain kasus yang seperti itu, tapi kalau evap pada frezzer box yang bocor biasanya saya ganti dengan evap nya frezzer berdiri (rak) saya tempelin mengelilingi dinding frezzer box, untuk kapasitas 500 - 700 liter butuh 4 evap. untuk kapasitas diatas 700 liter butuh 5 evap. dan hasilnya masih normal bisa beku, kecuali untuk jenis bahan ice cream yang mengandung susu itu tidak bisa, tapi untuk bahan seperti nuget, sosis, daging, tempura, ikan masih bisa beku normal atas dan bawah.
      coba di lem dengan lem fox tapi saat pengeleman di kondisikan frezzer dalam keadaan kering (di jemur dulu)

      Delete
  5. kulkas saya ketusuk bagian bawah keluar gas karena gak tau masih di nyalakan seharian sampe salju esnya yg tebel jatuh sendiri terus ada suara seperti air mengalir dalam kulkas. kira kira kuskas saya rusak parah gak om. minta saran terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya ya lumayan parah, tapi selama kompresor masih bisa running dan tekanan masih bagus dan body tidak nyetrum masih terselamatkan.
      asal pada saat service oil kompresor dan filter dryer di ganti dan yang lebih penting instalasi pipa freonnay semua (evap dan kondensor) harus bersih tidak boleh ada sisa air walau hanya setetes. kalau semua di kerjakan sesuai prosedurnya insaalloh kulkas normal dan awet.

      Delete
  6. Masandik dijkt ada cabangnya tidak? Sy petlu service mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gak ada mbak, walaupun saya tukang service saya gak pernah promosi pekerjaan saya disini, karna blog ini hanya saya khususkan untuk berbagi ilmu dan pengalaman saya.

      Delete
  7. Mas, Kulkas saya tertusuk bgian bawah dan mengluarkan gas lalu saya matikan kulkas dan Saya coba tutup pda bagian yang bocor menggunakan sisa saljunya,lalu saya nyalakan kulkas kembali alhasil gas tidak kluar lagi, apakah itu aman atau tidak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira gak akan bisa mas, karna freon merupakan benda gas kalau di lakukan penembelan dengan cara apapun harus dikondisikan tidak ada tekanan (freon kosong) kalau masih ada freon di dalam sistem tentunya tekanan masih ada.

      Delete
  8. Haha iya mas, kmarin saya cek lagi malah ada suara air menggrucuk sama kulkas ga dingin.. padahal cuma bolong sebesar (°) itu saja, kira" servis kna berapa ya, misalkan harus ganti evaporator /filter kita beli dimana?,apa sudah dsediakan Oleh si penyervis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masalah biaya service saya kira tiap tukang service akan berbeda harganya. tapi kalau saya biasanya 290 rb dengan estimasi ganti oil kompresor, ganti filter dryer, freon dan jasa. juga memberikan garansi 3 bulan apabila tembelan saya bocor lagi (kecuali kecukit lagi tidak garansi).
      kalau lubangnya kecil di tembel aja gak ada masalah asal kulkas saat rusak tidak berhenti lama (diatas 1 bulan) karna evaporator akan kropos

      Delete
    2. Mas, ada no WA atau pin yang bisa saya hubungi? saya kemaren bersihin bunga es, trus pas sudah selesai, kulkas sudah tidak dingin lagi.saya ga tau apakah masih bisa ditambal atau tidak. terima kasih

      Delete
    3. posisi saya di lumajang, maaf saya tidak melayani service luar kota.
      WA 085330354828

      Delete
  9. Mohon bantuanya..mau tanya mas..

    Kulkas saya bolong diatas..trs keluar gas..
    Kira" kena berapa ya buat benrin ya...mkasihh mohon infoyaa mas

    ReplyDelete
  10. Mas mohon infonya,ini kulkas saya baru saja ditusuk keponakan pake garpu gara2 mau ambil uang logam yg ditaruh freezer.bagian freezer langsung mencair,gak ada suara mesin kyk biasanya.dan ini posisi saya cabut,apa kulkas saya rusak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tertusuk garpu tentunya gas freon akan keluar dan kulkas menjadi rusak.

      Delete
  11. kulkas saya ngga dingin kenapa? freon kliatan normal tidak bocor

    ReplyDelete
    Replies
    1. kompresor jalan apa tidak? kalau tidak jalan hanya masalah kelistrikan

      Delete
  12. kalau evap kulkas bocor halus, di lem pake alteco campur bedak, bisa gak.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja di lem, tapi yang namanya bocor pasti freon keluar,
      tinggal bisa apa tidak untuk mengisi freon?

      Delete
  13. Mas, kulkas saya baru saja tertusuk gunting d bagian sampingnya, dan langsung tidak dingin, seberapa parah dan masih bisa d perbaiki kah??? Atau d perbaiki percuma saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kulkas langsung di cabut dan tidak dinyalakan lagi masih mudah di perbaiki,
      di perbaiki (ditembel) juga bisa awet dan normal tergantung tukang yang mengerjakan.
      kalau panggil tukang tanya dulu ada garansi apa tidak?
      garansi berapa lama? apa saja yang di garansi? jasa dan bahan?
      kulkas tahu normal setelah kecukit paling cepat 1 bulan. minta garansi di atas 1 bulan. kalau di garansi di bawah 1 bulan jangan mau cari tukang yang lain.

      Delete
  14. Permisi Mas, kulkas saya dinding luarnya di bor (berlubang), dan ada udara yg keluar dari sana. Apakah itu freon yg bocor ? Mohon solusi dan penjelasannya. Terima kasih sebelumnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja mas, kalau mata bor kena pada kondensor ya otomatis freon keluar
      untuk memastikanya apabila kulkas dinyalakan trus tidak dingin maka itu adalah freon yang keluar

      Delete
  15. Kl alamat saya di cakung jkt timur, bisa ga ya

    ReplyDelete
  16. Kl alamat saya di cakung jkt timur, bisa ga ya

    ReplyDelete
  17. Mlm.mw tanya, jd ini kondisi kulkas 1 pintu, pas bagian freezer, didindgnya bnyk bunga es nya, mw dibersihin, dicucuk2 pke pisau, pas yg bag mendatar bawah itu yg kena, bntuknya cm brupa cucukan kecil, tp bunyi kyk ada yg bocor. Cusssssss gt. Pas dipegang dr situ kluar dingin2,tra baunya kyk gosong2 gmn gt. Trs penanganan smentara saya buntu lubangnya, pke lakban.sm diganjel biar g terlalu kluar cesss nya td. Gmn ya?hrs diapain ya kira2? Skrg kondisi nya ssaya nyalakn lg, soalnya isinya penuh, nanti pada rusak makanannya

    ReplyDelete
  18. Sorry mau tanya donk,kulkas saya tertusuk benda tajam dan saya sdh panggil servis kulkas, yg ada malah ga beres setelah dibnrin. Bunyi freezer spt air mengalir dan kdg mati kadang nyala mesinnya. Kdg suka bunyi kayak di getok gitu lalu mesin spt lgsg nge gas hidup gitu. Dan freezer ga berfungsi, malah berair. Apakah makin rusak ya. Dan tukang servis ga mau bertanggung jawab lagi yg katanya ada garansi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh.... kayaknya tambah parah. saya gak bisa komen.
      saya juga kadang malu berprofesi sebagai tukang service, gara2 segelintir orang yang gak bener banyak yg menganggap tukang service gak bener semua.
      kalau panggil tukang service buat kesepakatan dulu yang jelas
      garansi berapa lama?... apa saja yg di garansi?....
      kalau saya bisanya memberi garansi 3 bulan kulkas kecukit.
      garansi berlaku apabila tembelan saya bocor lagi dan isi freon lagi orang tidak kena biaya sepeser pun, kecuali pekerjaan luar kota hanya banyar transport kalau dlm kota free.
      garansi tidak berlaku apabila kulkas di cukit lagi.
      garansi tidak berlaku apabila kompresor rusak, jasa dan freon masih garansi tapi kompresor nya tidak. bisa beli sendiri atau dari saya

      Delete
  19. Mas kulks saya ketusuk pisau kecil sekali mungkin cuma seujung mata pisau, pada saat ketusuk terdengar suara seperti gas yg keluar, saat di nyalakan lagi kulkas nya tidak dingin, kalau di perbaiki kira2 brp ya mas, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di tempat saya 290 rb dg estimasi jasa dan pengisian freon dan penggantian oil kompresor dan filter dryer.
      beda lagi apabila kompreosr rusak atau evaporator tidak bisa di tembel

      Delete
  20. Mas numpang tanya, kulkas saya kog gak mau dingin,, pada sebelum nya pernah afa tambalan di EVO, setelah saya tambal saya cuman pakai 1bulan (masih normal) tpi setelah saya gak gunakan selama kurang lebih 1thn kog malah gak dingin ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya tembelan mas ada yg bocor (walau seujung rambut).
      mengapa setelah 1 tahun kok malah gak dingin????
      begini : kulkas apabila berhenti (tidak di pakai) maka tekanan evap akan besar, tapi kalau kulkas nyala tekanan evap kecil.
      hal inilah yg menyebabkan freon anda cepat berkurang sehingga kulkas menjadi tidak dingin, tapi apabila tidak ada yg bocor walau di diamkan 1 tahun lebih gak ada masalah.

      Delete
  21. Bunga es saya begitu tebal diatas dan bawah.padahal di level 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira kira apa ya mas penyebabnya dan harus digimanain..gada tukang servis

      Delete
    2. Bunga es yang tebal disebabkan 2 hal
      1. pintu kulkas tidak bisa tertutup rapat.
      2. thermostat rusak

      Delete
  22. Saya mau tanya, kemaren kulkas saya tertusuk pisau, kemudian keluar suara seperti gas bocor, Colokannya langsung saya cabut, tdk lama kemudian suaranya berhenti. Saya biarkan sampai pagi. Lalu saya colokkan lagi sampai mlm. Ternyata gak dingin, dan berbau seperti gas, kira2 apanya yg rusak? Dan apa masih bisa di perbaiki???

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya gas freon keluar dari sistem, dan kulkas tentu tidak bisa dingin karna freon sudah habis di sebabkan bocor tertusuk pisau tadi.

      Delete
  23. Mas.. Mohon infonya.. Dinding freezer box saya bocor2 parah karna proses pengambilan daging yg tidak benar.. Apakah itu ada pengaruhnya kalau tidak segera diperbaiki? Trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau frezzer bos jarang kasus bocor karna terkena pisau, bocornya karna usia. tapi kalaupun terjadi sangat sulit untuk untuk di tembel.
      kalau saya biasanya ada kasus evap bocor saya ganti dengan evap nya frezzer trus saya tempel di dinding2 nya.
      untuk kapasitas 500 - 7oo liter saya kasih 4 biji frezzer.

      Delete
  24. Mas,mau nnya,tp agak melenceng dr tema,saya pny freezer tp gak bs beku apa krn efek tiap kali brsihin bunga esnya pake air panas,apanya yg rusak ya,Mas,apa msh bs diperbaiki? Mohon pencerahannya. Trm ksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira gak ada masalah mau dibersihkan pakai air panas atau dingin asalkan saat bersihin kondisi frezzer di cabut.

      Delete
  25. Mas mau Tanya kulkas 1 pintu bagian freezernya yg sebelah kiri ketusuk gunting kecil bgt sih lubangnya terus keluar gas, sempat saya matikan kulkas berapa menit kemudian saya nyalakan lagi kulkasnya Karna Sudah berenti gasnya. Baiknya harus gimana yaah ? Apakah masih bisa jadi es Batu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baiknya panggil tukang service dan nego harga dan garansi berapa lama????
      karna untuk memperbaiki kebocoran kulkas di butuhkan keahlian khusus.
      jangan coba coba untuk dinyalakan lagi karna gak akan bisa dingin malah nanti tambah parah.
      ingat... kalau panggil tukang service nego dulu berapa biaya dan berapa lama garansi dan kalau garansi apa aja yang di garansi?????? jasa atau spare part

      Delete
  26. mas, kasus saya begini:
    freezer saya bukaan atas (RSA GEA), didalam freezer bagian bawah lapisan alumunium/kalengnya koyak karena ketimpa sama sirsak beku, sekarang masih bisa beku sih mas, tapi saya takut nanti jadi rusak parah,
    pertanyaan saya, apa koyak itu bisa merusak freezer mas? apakah harus di perbaiki segera atau itu tidak apa apa mas?

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada masalah mas, untuk frezzer sejenis box selama saya service gak pernah ada kasus bocor tertusuk/tertimpa bahan.
      rata rata bocor karna usia diatas 4 tahun
      atau rusak karna memasukan bahan yang masih hangat di dalam frezzer jadi jangan sekali kali memasukan barang yang masih hangat apalagi panas, tunggu sampai dingin dulu

      Delete
  27. Kalau ngisi gas freon berapa ya biasanya?

    ReplyDelete